«

»

Jan 18

Menghalau Lalat Buah

Menghalau Lalat Buah
Oleh Muhammad Muchlis Bondowoso
Banyak cara menghalau lalat buah, 7 cara dibawah ini bisa mengurangi lalat buah yang sering hinggap di pohon yang sedang berbuah ranum seperti lengkeng, belimbing, jambu air (klutuk) dan lain-lain.
1. Membungkus dengan plastik atau kertas koran bekas, cara ini cukup efektif mengatasi lalat buah yang sering hinggap pada batang dan daun buah jambu dan belimbing. Cara ini yang paling banyak dilakukan petani buah.
2. Perangkap dari papan atau plastik yang diberi lem dan amoniak dan eugenol (minyak cengkeh). Aroma kedua bahan ini sangat menarik perhatian lalat dan serangga lainnya dan hinggap dan beterbangan mengitari bau minyak cengkeh dan amoniak. Lalat akan hinggap dan lengket tak bisa terbang dan bergerak lantas secara perlahan mati.
3. Perangkap dengan botol plastik bekas, potong setengahnya, ambil bagian yang ada kepala (lubang) dan pasang dalam keadaan terbalik, isi botol dengan pestisida campur dengan air. Lalat buah tertarik, hinggap dan mati.
4. Pengasapan juga bisa membuat lalat terbang menjauh. Anda bisa gunakan dengan media sabut kelapa atau kayu arang. Lakukan pagi hari dan sore hari. Cara ini tidak disukai, selain ribet juga membuat mata bisa perih terkena asap.
5. Menggunakan paranet, melindungi buah dan sayuran, sesuaikan luas paranet yang dibutuhkan dengan luas lahan. Cara ini sangat efektif namun ada tambahan biaya operasional. Bagus digunakan sayuran pendek seperti kangkung, sawi, terong, cabe dan sayuran organik lainnya.
6. Menaruh sarang lebah, lalat buah takut. Disamping itu lebah sebagai penyerbuk.
7. Dengan hormon herbal yang tidak membahayakan.
Ke-7 cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, silahkan lakukan rekayasa teknik agar didapat inovasi baru untuk mencapai hasil maksimal.

Mengatasi daun jeruk yang menghitam
Daun jeruk yang menghitam atau daun jenis tanaman buah lainnya dapat diatasi dengan membuat ramuan murah, sederhana dan tidak berbahaya.
1. Kunyit 3-4cm
2. Lidah buaya daun besar 1 lembar
3. Sabun colek 1 sendok teh
4. Air jeruk nipis 1 buah
Cara mengolah
Blender (haluskan, parut, aduk) semua bahan, campur dengan air 1-1,5 liter. Masukkan dalam wadah semprotan. 1 liter ramuan penangkal daun hitam ini bisa dilakukan pada waktu sore hari selama 1 minggu berturut-turut untuk 100 pohon jeruk, murah dan mudah, bukan !

Mengatasi daun layu dan membusuk
Ambil bahan-bahan yang ada disekitar kita
1. Akar bambu cukup setengah genggam
2. Akar rumput gajah setengah genggam
3. Air cucian beras 1 liter
4. Ragi tape 2-3gram
Rebus semua bahan, cukup setengah matang. Semprotkan ramuan ini kedaun tanaman anda.

Mencegah daun membusuk, daun meranggas, daun mudah layu, daun enggan berkembang.
Sebaiknya sebelum segala penyakit tanaman menyerang baik yang disebabkan jamur, bakteri dan lainnnya, inilah formula yang bisa mencegah tanaman
1. Jeruk nipis 1 buah
2. Daun jeruk 5-7 lembar
3. Daun sambiloto 5-7 lembar
4. Daun sirih 2-3 lembar
5. Ragi tape 2-3gram
6. Daun jambu biji 2buah
Ke-6 buah direbus, diblender, lakukan fermentasi selama 7-14jam. Semoga dengan ramuan ini tanaman terhindar dari serangan ganas semua musuh tanaman.

cabe hormon2

Menghalau Lalat Buah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>