«

»

Sep 15

Menyanyi, Obat Hati Yang Galau

Menyanyi, Obat Hati Yang Galau

Oleh : Happyati

Jangan remehkan dengan kegiatan menyanyi. Menyanyi, Obat Hati Yang Galau dibenarkan oleh banyak orang sebagai aktivitas yang bermanfaat diantaranya :

  1. Kegiatan yang menggembirakan.
  2. Kegiatan yang mengekspresikan diri.
  3. Kegiatan sebagai manifestasi santai dan kebebasan.
  4. Kegiatan yang mengurangi hati yang sedang duka lara.
  5. Kegiatan yang menyehatkan fisik atau tubuh, meningkatkan imunitas tubuh (sistem kekebalan tubuh)
  6. Kegiatan yang menghasilkan rasa nikmat dan eforia.

Kegiatan menyanyi juga dilakukan oleh suku-suku dipedalaman dan digunakan sebagai bunyi-bunyian sebagai isyarat tertentu dan disertakan ritual keagamaan. Pada kelompok kehidupan modern menyanyi merupakan sebuah industri dan menggambarkan jati diri seseorang bahkan sebuah negara. Bermunculanlah kontes dan lomba dengan cara mencari penyanyi berbakat melalui audisi.

Jika anda merasa memiliki suara yang merdu dan indah barangkali profesi menyanyi bisa dijadikan sumber penghasilan dan bisa membuat anda sukses secara finansial namun bagi yang bersuara pas-pasan atau fals atau sumbang anda jangan berkecil hati dan tetaplah bersenandung karena menyanyikan sebuah irama yang kita sukai akan memiliki banyak manfaat seperti ini

  • Menyanyi bisa memberikan kekuatan baik jiwa maupun raga, kegalauan dihati bisa dihilangkan dengan menyanyi (seni musik). Menyanyi meningkatkan kekuatan energi dalam tubuh. Seni musik lebih luas sudah digunakan didunia agrobisnis, kandang-kandang ayam diperdengarkan rekaman suara-suara dengan menggunakan sound system agar ayam tidak mudah kaget yang mengakibatkan stress. Di Amerika Serikat di areal kebun jagung juga dipasang suara musik tertentu dan dimalam hari terdengar derik suara pohon-pohon jagung-jagung tumbuh meninggi. (Sumber Voice of Amerika 1990)
  • Bunyikanlah musik klasik, musik klasik bagi ibu-ibu hamil diyakini akan mengurangi rasa sakit tatkala melahirkan dan dipercaya si jabang bayi yang lahir akan lebih cerdas.
  • Kala anda menembangkan sebuah lagu, metabolisme tubuh akan menghasilkan hormon yang dikenal hormon endorfin. Hormon endorfin mengakibatkan fisik tubuh akan menjadi bersemangat, ini terjadi baik terhadap manusia maupun hewan.
  • Menyanyi biasanya melafalkan kata demi kata dan membentuk sebuah kalimat yang sudah digubah menjadi teratur, bermakna dan berirama dan membuat sekujur tubuh akan mengikuti pesan yang disampaikan dari balik arti lagu tersebut. Sebuah lagu atau nyanyian akan memberi spirit bagi yang menyanyikan, lagu-lagu pahlawan akan meningkatkan semangat dan optimisme.
  • Lagu pemujaan akan meningkatkan keimanan seseorang. Hampir semua agama memiliki ciri-ciri lagu masing-masing. Setiap negara memiliki lagu kebangsaan. Tiap bahasa, tiap suku atau klan memiliki lagu daerah masing-masing. Serta setiap orang memiliki lagu-lagu kesukaannya.

Banyak lagi khasiat dan manfaat bernyanyi, melantunkan bait demi bait sebuah lagu indah akan membawa kita kealam yang lebih tenang. Mendendangkan sebuah irama yang romantis akan membawa kita terbuai kesebuah suasana fikiran yang damai. Seorang penyanyi yang bersuara merdu akan membuat para pendengarnya hanyut dalam alunan yang dibawakan penyanyinya.

Entah sudah berapa juta judul lagu tercipta dan dinyanyikan selama umur bumi ini, penulis tidak bisa menguraikan lebih panjang betapa sebuah lagu bisa diurai dalam naskah yang panjang, apalagi kalau digali dari sisi bisnis dan industri. Sebuah nyanyian mampu merubah dunia ini.

Mungkinkah kegiatan menyanyi dibumi ini akan berkurang.

  • Jika manusia tak lagi mampu berdendang
  • Karena banyak orang mudah meradang,
  • Hutan-hutan dan makhluk didalamnya sudah terpanggang,
  • Semakin banyak saja bumi ini tandus kerontang
  • Kekeringan, bencana, kemiskinan, kelaparan membuat orang menangis berlinang
  • Karena manusia saat ini semakin gemar berperang.

Mohon maaf, artikel ini hanya sebuah intermezo mengisi waktu luang yang kosong, Menyanyi, Obat Hati Yang Galau, kiranya memberi faedah.

Terimakasih.

Selamat bernyanyi

Baca juga

IQ anak seorang satpam

Refleksi Suasana Hati

Move On : Penguasa Menjadi Pengusaha

PP booster fish

4 comments

Skip to comment form

  1. Real Estate Express

    Hi, i think that i saw you visited my blog thus i came to “return the favor”.I’m attempting to find things to enhance my website!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  2. healthy diet

    Whats Going down i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively helpful and it has helped me out loads. I’m hoping to contribute & assist other users like its aided me. Great job.

  3. Diy Home Renovation

    great publish, very informative. I ponder why the other experts of this sector don’t notice this. You should continue your writing. I’m sure, you’ve a huge readers’ base already!

  4. Medical

    I enjoy you because of all your valuable effort on this website. My mum takes pleasure in managing investigation and it is easy to see why. Almost all learn all about the compelling form you give efficient tips and hints on this website and therefore welcome response from other individuals on this topic and my princess is certainly studying a whole lot. Have fun with the rest of the new year. You are doing a useful job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>