«

»

Sep 17

Merayapi Alam Bawah Sadar Dan Kiat Bisnis

Merayapi Alam Bawah Sadar Dan Kiat Bisnis

oleh : Hadi Winarto

Didalam diri manusia terdapat kekuatan yang sangat hebat dan tak terbatas yang dapat bekerja lebih dari komputer paling canggih sekalipun.  Kekuatan spektakuler tiada terhingga itu ada dalam diri setiap insan, adalah : Alam bawah sadar atau oleh sebahagian orang mengatakan fikiran bawah sadar.

Kekuatan yang tersembunyi didalam diri anda adalah fikiran bawah sadar anda, terbaring disana, menunggu anda memanfaatkannya, dia adalah

sumber energi yang lebih kuat daripada listrik

, lebih dahsyat daripada bahan peledak, tidak bisa punah dan tak terhingga. Tidak pernah istirahat. Dia tetap bekerja meski anda sedang tidur, terpatri,  ia bersemayam dalam sekujur jiwa anda.

Mengapa betapa alam bawah sadar atau fikiran bawah sadar didefinisikan sedemikian hebat.

Begini, Fikiran bawah sadar adalah bank memori yang tetap, ia tidak pernah melupakan sesuatu, Informasi yang telah dimasukkan kedalam fikiran bawah sadar akan tetap tersimpan selama-lamanya, berbeda dengan fikiran sadar, fikiran sadar bisa melupakan kejadian atau peristiwa walau dalam kurun waktu sebentar, fikiran bawah sadar bersifat permanen.

Contoh, Dr. EP seorang klinisi disalah satu rumah sakit swasta, dia telah mengabdikan dirinya sebagai dokter ahli penyakit dalam selama 20 tahun. Seorang stafnya memberitahu kepada saya, setiap Dr. EP baru memasuki kamar pasien, pasien yang bersangkutan mulai mengalami kesembuhan.

“Seni penyembuhan sepertinya mengelilingi tubuhnya selaksa lingkaran cahaya.” Nah baagaimana mungkin seseorang yang sedang sakit bisa disembuhkan hanya kehadiran seorang dokter disampingnya ? Namun demikianlah yang terjadi.  Karena fikiran bawah sadar sang pasien ini percaya kepada dokter ternama tersebut penyembuhan tengah terjadi.

Seperti kata nabi Ayub : Anda akan menjadi apa yang anda fikirkan !

Contoh kedua, seorang  manager disebuah perusahaan setelah diadakan evaluasi, menemukan :

Salah seorang penjual mereka memperoleh penjualan 10.000 unit produk tertentu, terlepas dari wilayah kerjanya atau komisi yang dibayarkan kepadanya. Karena prestasi itu dinilai baik maka penjual tersebut dimutasi kewilayah yang lebih besar, namun pada evaluasi berikutnya penjualannya hampir sama dengan penjualan yang didapatnya didaerah penjualan sebelumnya. Pada tahun berikutnya dia dipromosikan dan ditempatkan pada wilayah yang paling kecil dan terpencil, apa yang terjadi. Ternyata hasilnya sama, dia mampu menjual produk 10.000 unit.

Demikianlah, oleh psycholog perusahaan setelah dilakukan konseling, diperoleh kesimpulan bahwa masalahnya bukan wilayah penugasannya tetapi evaluasi terhadap dirinya sendiri. Dia hanya selalu berfikir dia hanya mampu menjual 10.000 unit Selama ini dia mempertahankan citra didalam fikiran bawah sadarnya pada waktu ditugaskan diwilayah yang baik dia membuat berbagai alasan untuk dirinya sendiri agar bermalas-malasan disaat target 10.000 unit telah tercapai,  setelah dilakukan beberapa kali konseling dapat diketahui :

Rupanya pada saat mengikuti mata kuliah 20 tahun yang lalu, dosen yang mengajarnya selalu memakai angka 10.000 sebagai penentu keberhasilan seseorang. Fikiran bawah sadarnya menerima target itu sebagai puncak keberhasilannya. Kemudian hasil konseling dia menetapkan dan memprogram dengan sasaran penjualan yang lebih baik lagi. Sekarang penjualannya telah mencapai 70.000 unit,  jumlah penjualan sebesar itu diperolehnya karena dia memberikan kepada dirinya  memori dan target baru.

Anda dapat mengetahui dari contoh itu bahwa kita benar-benar menjadi apa yang kita fikirkan.

Tentu anda ingin mengetahui apa hasil konseling yang diberikan ahli perusahaan tersebut ?

Diketahui kemudian bahwa untuk menggapai hasrat yang diinginkan adalah kita harus memiliki SASARAN,  ada 3 karateristik sasaran yang harus dimiliki :

  1. Sasaran harus konkrit dan spesifik, jika anda hanya mengatakan saya harus berhasil, ini belum cukup, ini hanya khayalan, anda harus menetapkan berapa besar “saya harus berhasil” itu. Berikan angka yang tepat, buat catatan dan tindakan apa yang segera anda lakukan. Berikan informasi ke  fikiran bawah sadar anda, beritahu dia, gagasan dan harapan yang pasti. Tindakan yang tidak konkrit mustahil mental kita menerimanya sebab terlalu abstrak, fikiran bawah sadar kita hanya akan bingung apalagi anda tidak menolak semua masukan yang diperoleh dari orang-orang disekililing anda. Anda harus bisa membuat satu ketetapan : Tidak ada PLAN B.
  1. Sasaran harus terukur, jika anda menetapkan penjualan 10 milyar pertahun, hal yang paling penting adalah “bukanya dimana anda pada waktu yang lalu dan dimana anda pada saat ini, melainkan kemana anda hendak pergi.”
  1. Sasaran anda harus bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu. Buatlah janji dengan fikiran bawah sadar anda memberikan limit yang logis sehingga anda tidak lagi melamun, menangguhkan dan menunda.

19 saran untuk meraih sukses berbisnis :

  1. Kenali apa yang bisa anda lakukan. Ini adalah suatu kekuatan yang paling hebat. Kemampuan mengenali apa yang bisa anda lakukan tidak akan bisa dirampas kemampuan itu dari anda.
  2. Promosikan kehebatan bisnis anda, ingatlah, kompetitor anda juga menjual kehebatannya.
  3. Bersainglah, katakan betapa bagus produk anda, jangan menghina pesaing anda.
  4. Ingatlah kesejahteraan langganan anda bukan kesenangan anda
  5. Beri penghormatan yang tulus kepada langganan, agen penjualan anda.
  6. Jangan meremehkan pelanggan yang secara finansial kurang mampu.
  7. Fikirkan kebutuhan agen anda kemudian tentukan tahapan menentukan kebutuhan mereka.
  8. Jaga pelanggan anda, jangan sampai berpaling.
  9. Jangan menurunkan standar pelayanan anda.
  10. Menjual dengan kualitas terbaik adalah pertruhan anda.
  11. Katakan pada mereka :
  12. Produk ini menghemat pengeluaran anda
  13. Saya bisa membantu meningkatkan penghasilan anda.
  14. Ingat : kompetitor anda akan menawarkan barang yang lebih murah.
  15. Jangan berhenti berimprovisasi mengenai teknik menjual.
  16. Angkat diri anda jadi manager marketing, ajak semua orang jadi manager

marketing.

  1. Kembangkan reputasi anda sebagai pebisnis yang baik hati
  2. Tidak ada jalan pintas, anda harus bekerja selama 24 jam.
  3. Berikan lebih banyak kepada pelanggan anda daripada yang diberikan kompetitor.
  4. Berikan nilai yang lebih baik daripada jumlah yang telah mereka bayar
  5. Pesaing anda juga harus anda hormati

Terima-kasih sudah membaca  *** Merayapi Alam Bawah Sadar Dan Kiat Bisnis ***

Klik contents terkait dibawah ini

RAHASIA CINTA ABADI

JANGAN BATASI KEMAMPUAN DIRI

CITRA DIRI POSITIF

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>