«

»

Jun 01

Pakan, Nutrisi, Penyakit, Herbal untuk Ayam

Pakan, Nutrisi, Penyakit, Herbal untuk Ayam

(Ebook ini hasil rangkuman materi dikelas pelatihan budidaya ayam, Jakarta, 17 Desember 2014)

Oleh : Hadi Winarto

Pakan, Nutrisi, Penyakit, Herbal untuk Ayam 

Jamur pada pakan ayam

Faktor penentu tumbuhnya jamur pada pakan pelet atau konsentrat untuk hewan ternak, ayam, ikan dan sebagainya dikarenakan kandungan air diatas 14%. Pada awal membuat pakan atau membeli pakan kadar airnya dibawah 13% dan umumnya pakan buatan pabrik berkisar 8-11% dan faktor terbesar naiknya kadar air karena kelembaban digudang. Jamur menyukai tumbuh saat suhu buruk yang menghasilkan racun okratoksin, fusarium dan aflatoxin. Pakan buruk menyebabkan stamina pada tubuh menurun, tubuh menjadi rentan dan kekebalan menurun. Sistem imunisasi yang menurun pada jaringan tubuh. Pada saat vakan sudah terkontaminasi dengan jamur tidak ada jalan keluar kecuali membuang pakan tersebut jangan mencampur atau menambah pakan yang tidak layak ditambah pakan yang baru.

Penambahan obat anti jamur, anti bakteri,  anti tengik atau asam propionate harus dilakukan oleh ahlinya. Kegagalan di fase ini adalah penggunaan obat yang formulasinya tidak tepat dan tidak homogen.

Antisipasi yang terbaik adalah memastikan bahwa ransum pakan kadar airnya tidak diatas 14%, kadar air terbaik 8-9% dan bersuhu 29-32 oC. Gudang yang baik mempertahankan kualitas pakan dalam beberapa bulan.

Semakin rendah kadar air akan semakin baik, pertumbuhan jamur dapat ditekan. Jamur akan tumbuh secara optimal saat kadar air bahan baku ransum atau ransum 15-20%.

first in first out (FIFO) adaah sistem dimana pakan digunakan lebih awal yang sudah disimpan lebih lama.

Managemen kandang

Steril

Rentang hidup ayam khususnya ayam broiler sangat pendek antara 35-40 hari, ayam broiler sangat sensitif terhadap apa saja, disinilah letak seni beternak ayam broiler, satu variabel kesalahan yang dilakukan akan berakibat fatal, jika unsur pakan sudah dipenuhi, bentuk kandang dan penanganannya sudah dilakukan, suhu dan cuaca terbaik serta pemberian vitamin sesuai dengan petunjuk dan indikator lainnya sudah lengkap, hal super penting lainnya adalah kebersihan peralatan.  Semua perangkat, wadah pakan, wadah minum harus dicuci dan benar-benar steril, kotoran diluar, didalam dan dilingkungan kandang agar dibuang. Feses ayam adalah sumber amoniak dan media tumbuh bagi lumut, jamur, bakteri dan virus, mikroba dalam kotoran ini dalam hitungan jam berkembang biak dengan sangat cepat dan sanggup bertahan dalam kurun waktu yang lama. Membersihkan bisa dilakukan dengan menggunakan desinfektan formalin. Formalin adalah bahan yang berbahaya bagi manusia. Diperlukan alat pelindung saat menggunakannya seperti masker penutup wajah, sarung tangan dan baju lengan panjang serta penutup kulit tangan, celana panjang, topi dan sepatu.

Pemakaian insektisida pembasmi kutu dan serangga sebaiknya dengan inseksitisida organik. Keinginan agar ayam sehat juga harus dibarengi dengan menjaga kesehatan pemiliknya.

Pada penggunaan kandang fase berikutnya dilakukan setelah panen 15 hari, idealnya setelah 30 hari, berguna untuk membasmi berbagai jamur yang tertinggal pada budidaya sebelumnya. Sebaiknya anda undur mendatangkan chick in sehingga kandang benar-benar siap. Berbagai kegagalan sering terjadi pada saat periode penggunaan kandang yang ke-2.

Mengatasi hama lalat dan belatung

Wabah penyakit hewan ternak salah satunya adalah ditularkan dari lalat. Bagaimana mengatasinya !

Gunakan produk anti lalat atau racun lalat atau racun larva yang banyak dijual dipasaran. Yang terbaik adalah merk dagang yang mampu sebagai penangkap lalat.

Berbagai petunjuk dalam rangka pemberantasan hewan lalat yang menjijikkankan sudah banyak dishare secara gratis di mesin pencari gugel dan semuanya memberikan kebaikan kita semua.

Patut ditiru upaya cerdas  seorang peternak ayam di palangkaraya dengan memelihara ikan lele, ikan lele adalah hewan air pemakan segala, kebutuhan asupan protein untuk ikan lele adalah 30-31%, nah lalat dan belatung memiliki kandungan protein 70% up. Dengan perangkap lalat biaya pakan lele dari lalat bisa ditekan menjadi 20%, penghematan yang luar-biasa. Seperti diyakini oleh para master budidaya, sistem polikultur berguna untuk memanfaatkan limbah menjadi nilai lebih. Limbah adalah hama, namun berkah bagi yang cerdik. Feses ayam, bekas cacing (kascing) bersama air kolam lele, air kelapa, air urine sapi, urine kambing dan rumen sapi adalah rabuk dan pestisida organik terbaik bagi tanaman. Keong Mas bagi petani adalah hama, mutiara bagi peternak lele.

Baca

KPK (Komisi Pemberantasan keong Mas)

Lalat, Mengapa Tuhan Menciptakannya

Kascing, Pupuk Terbaik Didunia

Ransum Murah Untuk Ayam

Praktisi Al-Ustad Syam Zuhri (08125234234) adalah peternak ayam tidak pernah berhenti belajar, setiap satu periode panen ada saja yang beliau laporkan perkembangan dan penemuan kecil dikandangnya. Arah angin, dampak rimbunnya pepohonan yang mengelingi kandang, komposisi dan formulasi asupan pakan herbal tidak luput dari perhatiaannya, begitulah sejatinya seorang peternak. Impian FCR 1,5 untuk sang broiler hampir mendekati fakta (saat ini 1,6 ditangan dech, begitu katanya). Di Tegal jawa tengah upaya FCR untuk ayam hingga 1,2 sudah diupayakan oleh pak Rustono di Tegal (082111151499) , uji coba pertama sudah membuahkan hasil namun saya meminta uji coba kedua dan saya sudah memberikan berbagai variasi metode uji coba agar hasil yang pertama tidak kebetulan. Sama-sama kita tunggu hasil penelitian kedua ini.

Berbagai ransum yang ditulis dijagat internet sungguh suatu informasi yang berharga dan salah satu kreatifitas para peternak modal cekak dibeberapa daerah dapat dipertimbangkan untuk dicoba. Ini dia bahan-bahannya  (jika ada salah satu bahan tidak didapat bisa diganti dengan lainnya dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisinya) :

Bahan Utama

:

  1. Tepung tepung kulit          10%
  2. Tepung jagung                  10%
  3. Tepung bekatul                 10%
  4. Tepung azolla                    10% (jemur dan ditepung)
  5. Tepung gaplek                  40%
  6. Bungkil kedele                   20%
  7. Tepung limbah ikan         10% (buang lemaknya, rebus, tiriskan, dioven, ditepung)
  8. Total                                    100%

Bahan penyangga:                                                          

  1. Premix                                                   1 gram perkg
  2. Enzim yang dibutuhkan ayam          1 gram perkg
  3. Minyak ikan                                          0,5 %
  4. Probiotik                                               0,5 %

Bahan penyangga lainnya yang muda didapat dilingkungan anda adalah :

  1. Tepung daun bayam                         1%
  2. Tepung daun kelor                            1%
  3. Tepung daun singkong                    1%
  4. Tepung herbal                                    1%
  5. Tepung daun sambiloto                   0,25%
  6. Tepung daun sirih                             0,25%
  7. Tepung daun brotowali                    0,25%
  8. Tepung daun pepaya                       0,25%

Untuk tepung daun sambiloto, daun pepaya, daun sirih, dan brotowali bisa digunakan salah satunya jika yang lainnya tidak bisa diperoleh.

Untuk tepung herbal terdiri dari kombinasi dan komposisi kunyit 30% , jahe20%, temulawak 20%, kencur10%, laos 5%,bawang putih 5%, cabe jamu 5%, merica 5% (semua bahan ini ditepung)

Khasiat Tepung Herbal  Untuk Ayam

Kami paparkan dalam uraian singkat dan tidak bertele-tele

  • Meningkatkan kekebalan tubuh (imun terhadap penyakit)
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan daya cerna
  • Antibiotik dan vaksin alami tanpa efek samping
  • Sebagai antioksidan dan mengatasi depresi

Bahan herbal diatas sudah mengandung nutrisi lengkap :

Energi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi 3 miligram, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kurkumin dan glukosa.

Menetahui kebutuhan nutrisi ayam sedikitnya protein (PR), lemak (LM), serat kasar (SK), abu (AB), Energi termetabolisma (ET), Calsium (Ca), Phosfor (P) :

  • Fase starter

Obyek                                PR           LM          SK           AB          ET                       CA          P

Ayam broiler                   23%        4-6%      4-5%      8,5%      3000kcal            0,9%      0,5%

Ayam Joper                     20%        4-6%      4-5%      8,5%      2900kcal           1%          0,8%

Ayam leghorn                 20%        4%          4-6%      8,5%      2900kcal           1%          0,6%

Ayam petelur                  15%        4%          4-6%      8,5%      3000kcal           1%          0,7%

ayam arab                      21%        4%          4-6%      8,5%      2900kcal           1%          0,6%

  • Fase grower

Obyek                               PR           LM          SK           AB          ET                      CA          P

Ayam Joper                    17%        4-5%      5-7%      8,5%      2600kcal           1%          0,8

Ayam leghorn                20%        4-5%      6-8%      8,5%      2900kcal           1%          0,8

Ayam petelur                 18%        5%          7-9%      8,5%      2900kcal           1%          0,6

ayam arab                     17%        4-5%      6-8%      8,5%      2700kcal            1%          0,8

  • Fase finisher

Obyek                              PR           LM          SK           AB          ET                       CA          P

Ayam broiler                 23%        4-6%      4-5%      8,5%      3000kcal             0,9%      0,5%

Ayam Joper                  17%        4-5%      4-5%      8,5%      2800kcal              1%         0,9%

Ayam leghorn              17%        4-5%      4-6%      8,5%      2600kcal              1%         0,8%

Ayam petelur               18%        5%          6-8%      8,5%      2800kckl              1%         0,6%

ayam arab                    21%        4-6%      4-6%      8,5%      2750kcal            15%          0,8%

Mengatasi Penyakit ayam dengan tepung herbal :

  • Cacingan (brotowali, daun kates dan sambiloto)
  • Berak darah (tepung herbal)
  • Pilek (tepung herbal)
  • Cacar (tepung herbal)
  • Mengatasi penyakit-penyakit EDS, ILT, Tetelo, IB, gumboro, aspergilosis efektif diatasi dengan

tepung herbal pada awal penanganan. Mengatasi berbagai dengan tepung herbal ini sudah digunakan oleh Bapak Nurul pemilik pabrik pakan ayam organik di Bondowoso (081336357941)

Definisi Vaksin, vaksinasi

Vaksin, Vaksinasi adalah aktivitas menanamkan viral atau agen penyakit (protozoa, bakteri dan virus) yang telah dilemahkan ke dalam tubuh ayam. Vaksinasi bertujuan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus.. Secara ekonomis vaksinasi  biayanya relatif lebih murah.Bahan vaksinasi yang sering dilakukan menggunakan bahan kimia, definisi populernya adalah pencegahan lebih baik daripada mengobati. Vaksinasi juga dilakukan kepada makhluk hidup lainnya dengan tujuan yang sama.

Referensi ini belum sempurna, urgensi yang maha penting adalah pada penanganan awal dan persiapan bibit, kandang, peralatan dan bahan-bahan herbal serta pendampingan oleh praktisi yang berpengalaman.

Pertanyaan, gagasan, saran dan kritik bisa diutarakan dikolom comments dibawah naskah ini atau kontak no. 081224217112, pada jam kerja 08.00 sd 16.00 (tidak SMS)

Terima kasih telah membaca Pakan Alternatif Ayam Broiler disini.

mjover

Ingin mengetahui harga ayam hari ini klik Harga Ayam Hari Ini

Silahkan dibagikan naskah ini

Pakan, Nutrisi, Penyakit, Herbal untuk Ayam

Link

pakan ayam, pakan organik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>