«

»

May 24

Peluang Bisnis Bumbu Penyedap

Peluang Bisnis Bumbu Penyedap

Oleh : Hadi Winarto

Jamur sebagai Bumbu penyedap alternatif

Teman saya seorang pengusaha jamur tiram bertanya, kira-kira olahan apalagi yang bisa dibuat bahan dari jamur. Selama berhari-haripun benak saya diselubungi pertanyaan kolega tersebut. Setelah saya mencari tahu kandungan apa saja yang ada di jamur sayapun akhirnya saya menemukan ide bagaimana jika jamur dibuat sebagai bahan substitusi bumbu penyedap atau perisa, ya perisa dari jamur barangkali bisa menggantikan monosodium glutamat disingkat MSG yang terlebih dahulu sudah dikenal dikhalayak masyarakat selama bertahun-tahun.

Lalu saya kembali berburu khabar di internet dan ternyata sudah ada iklan yang menjajakan bumbu penyedap berbasis jamur, kemasannya apik dan menjual, jadi saya baru memikirkannya ternyata orang lain sudah membuatnya. Ya sudah, tidak apa-apa, tidak ada bahasa terlambat. Dan pionir bumbu penyedap berbahan jamur inipun sudah bisa ditebak, sukses.

Saya tetap menyampaikan kepada teman saya yang berbudidaya jamur diatas, beliaupun mengangguk-angguk antusias… saya tahu apa yang dianggukkannya yaitu bagaimana cara membuatnya.

Lalu saya menambahkan semangat bahwa kedepan bumbu penyedap dari jamur ini akan mengalami booming mengingat stigma negatif yang sudah tertancap bahwa MSG sebagai pemicu terhadap problem kesehatan. Segelintir orang bumbu penyedap dari MSG ini menjadi pantangan dan menggantikannya dengan bahan organik seperti tomat dan rempah-rempah. Sementara secara berlawanan bagi pebisnis kuliner takut masakannya kurang afdol jika tidak diberi MSG. Tanpa memperdulikan kesehatan terkadang pedagang memberikan seabrek-abrek bumbu masak agar bisa mempertahankan pelanggannya.

Sisi bisnis dan sisi kesehatan

Dalam hal bisnisnya, bumbu penyedap dari jamur pemainnya masih sangat langka dan dari sisi perisa alternatif memungkinkan jamur bisa menggantikan peran MSG dan belum banyak yang mengetahui potensi jamur ini lebih lanjut. Di internet  yang sudah penulis jelajah dan ketahui baru 1 merk dagang yang beriklan di internet.

Jamur sebagai umami

Andaikata anda tidak tertarik dengan peluang bisnis baru ini namun setidaknya demi kesehatan bumbu penyedap dari bahan-bahan alami sebagai pelengkap bumbu penguat aroma seperti : Garam (menimbulkan rasa asin) gula (pemanis) dan MSG (penggurih atau umami) patut untuk dicoba. Selain itu, kandungan nutrisi dan rasa yang terdapat dalam jamur tidak kalah dengan kuliner berbasis hewani. Jamur lebih bergizi dan lebih enak daripada ayam dan tentu saja jamur lebih murah.

Usaha dan budidaya jamur shiitake, porcini, tiram, jamur merang, jamur kuping, jamur lingzhi dalam satu dekade terakhir ini sudah menjamur seantero negri, tata-niaganya sudah tertata apik. Dan jamur sebagai umami pengganti monosodium glutamat agaknya menjadi tantangan tersendiri bagi enterpreuneur jamur, pertanyaan yang belum terjawab adalah : Akankah pasar menerimanya ?,  penulis tidak berani meramal.

Thanks, Click share 081224217112 jam kerja 08.00-16.00 (no SMS)

Baca juga

Jamur Tiram Nutrisi Masa Depan

Jamur Tiram, Cacing Tanah dan Cabe Jamu

 

inkubasi

 

Peluang Bisnis Bumbu Penyedap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>