«

»

Jan 02

Peluang bisnis memungut limbah

Peluang bisnis memungut limbah

Prakata

Berbagai limbah bisa dibuat aneka kerajinan tangan, hiasan, cindera mata, hand made, handy craft, pupuk, pakan alternatif bahkan bahan bakar alternatif (BBA)

Foto-foto ini di download dari berbagai contents di internet dan koleksi pribadi. Selamat membaca.

Oleh : Hadi Winarto

Sampah dan limbah juga bisa menjadi  sumber inspirasi, kisah inspiratif banyak berawal dari bahan afkir disekeliling kita ini, langkah kecil yang anda lakukan jika diikuti banyak orang sebagai pemantik kebajikan.  Dan kepeloporan anda merupakan momentum dan gerakan massal bahwa kita bisa mengguncang dunia. Meninggikan derajat limbah ke kasta yang lebih tinggi atas prakarsa anda akan menyumbangkan makna :

  • Meminimalisir tumpukan limbah, membantu pemerintah dalam penanggulangan sampah.
  • menekan polusi dan pencemaran.
  • Mengurangi sumber bakteri dan bibit penyakit.
  • pemandangan dilingkungan kita yang semakin asri.
  • Penghasilan sampingan atau tambahan dan mengurangi pengangguran.

Dibawah ini contoh limbah-limbah tak berguna, menunggu tangan-tangan cekatan dan trampil.

  1. Gedebok atau pelepah pisang bisa dijadikan boneka yang cantik berbagai kreasi, di Surabaya sudah banyak beredar boneka dari limbah gedebok pisang dan anda jangan kaget kalau harganya di banderol50.000-Rp.150.000,- suatu sebuah potensi usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
  2. Kulit nenas, campuran pakan ternak sebagai pengganti molase atau tetes tebu. Pak Suryadi didesa Sri Bintan, Tanjung pinang, Kepulauan Riau memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai pupuk setelah dilakukan
  3. Eceng gondok, tanaman air yang cepat berbiak ini banyak kegunaannya, diantaranya dijadikan penjernih air, pakan alternatif ternak dan ikan. Hiasan cindera mata, tas cantik, dompet telah menembus pasar dunia. Di era tahun 70 an tumbuhan ini dianggap beracun didaerah tertentu dan gulma dikolam dan tambak ikan. Oleh pembudidaya ikan eceng gondok dijadikan peneduh ditambak ikan beriklim panas.
  4. Kulit kerang, hampir semua daerah pantai memiliki perajin hiasan dari cangkang kerang dan penjualannya sudah ke manca-negara.
  5. Rumput ilalang, rumput yang pertumbuhannya cepat, oleh sebagian petani dianggap tanaman pengganggu, oleh peternak sapi dijadikan pakan ternak disamping rumput yang sekarang sulit didapat, dikalangan herbalis akar ilalang sebagai afrodisiak obat lelaki. Nah, suatu saat kelak, rumput ilalang ini akan dibudidayakan.
  6. Limbah ikan, sebagai tambahan pakan ikan, dulunya dibuang sekarang sudah jadi rebutan, Dipasar Sidoarjo Jatim anda tidak akan pernah mendapatkannya karena sudah di booking para peternak ikan berkumis alias lele.
  7. Limbah sayur, tumpukan limbah ini ada disemua pasar diseluruh pasar di indonesia, banyak manfaatnya. Sebagai tambahan pakan ternak dan ikan setelah dilakukan fermentasi dengan probiotik atau dijadikan kompos sebagai pupuk pengganti pupuk kimia.
  8. Serbuk gergaji juga makin banyak dimanfaatkan, sebagai bahan pembuatan substrat baglog jamur, media tanam, media budidaya cacing bahkan sebagai media pembuatan papan sintetis dengan menggunakan bahan tertentu sebagai katalisator. Dijadikan bahan bantalan kursi dan jok mobil.
  9. Bulu ayam, sebagai tepung bulu sumber protein yang tinggi, alat pembersih rumah tangga.
  10. Kascing, singkatan dari bekas cacing sebagai rabuk dan media benih tanaman.
  11. Kohe atau kotoran hewan sudah sejak zaman purba dijadikan pupuk. Beberapa peternak dijadikan pakan alternatif ikan setelah dilakukan fermentasi dengan menggunakan fermentor atau
  12. Tulang sapi, bahan pembuatan gelatin, gelatin adalah sumber protein yang sangat tinggi, 94%, tertinggi dari semua sumber protein yang ada. Gelatin dijadikan berbagai produk olahan industri pembuatan roti atau kue. 90% gelatin masih  di import  dari luar negeri. Gelatin  dibibis bersama konsentrat atau pelet  dan diberikan untuk ikan, sidat dan udang.
  13. Air kolam, dipedesaan air kolam dicampur kohe (kotoran hewan) oleh petani secara periodik disiramkan ketanaman seperti kates, terong, merica dan lain-lain.
  14. Kain perca, Kain perca definisinya ialah bahan sisa guntingan pembuatan pakaian, bisa dibuat aneka boneka mainan anak, dibuat keset, sandal, sepatu dan hand made.
  15. Sabut kelapa, media tanam dan bahan industri rumah tangga.
  16. Batok kelapa, dibuat arang batok kelapa, media tanaman hidroponik dan
  17. Ampas kelapa, campuran pakan ternak, ikan dan pupuk.
  18. Ampas tahu, saat ini menjadi primadona limbah, kegunaannya sangat beragam. Di pabrik ampas tahu menjadi rebutan kelinci, peternak babi, bebek dan ikan. Saat ini bahan baku ampas tahu untuk pelet ikan sudah diproduksi. Budidaya cacing tanah yang saat ini kembali menjadi trend memerlukan ampas tahu sebagai salah satu pakannya, dibuat pupuk, pembuatan tepung ampas tahu mulai diminati. Dahulunya ampas tahu dibuang percuma sekarang mahal dan sulit didapat. Jangan lupa, ampas tahu dibuat tempe, di jawa disebut tempe gembus. Tempe gembus ditumis, dibuat oseng dicampur taoge dan pete atau digoreng dengan tepung, dikudap dengan lombok rawit.
  19. Limbah restoran, oleh Pak Ideung di Bandung Selatan menerakan sistim polikultur yakni beternak bebek, ikan nila dan tanaman kangkung dalan satu hamparan kolam, pakan bebek diberikan dari limbah restoran dan kangkung, pakan ikan nila diperoleh dari kotoran bebek, setelah dihitung biaya pakan pak Ideung di hanya 20% dan biaya pakan ikan nila 70%, Luas kolam ikan nila 30x25m, luas kandang bebek 20x1m dan tanaman kangkung air seluas 25% dari permukaan kolam. Polyculture system adalah cara cerdas beragrobisnis.
  20. Sedotan, bisa dibuat bentuk bunga teratai, bunga matahari dan hiasan bunga lainnya.
  21. Limbah kodok, kodok saat ini sudah menjadi salah satu komoditi ekspor, bagian kepala kodok dibuang, oleh peternak limbah kodok direbus, digiling dengan mesin penggiling dan diberikan ke ikan lele, kandungan protein kodok 70%, membuat lele cepat besar dan biaya pakan jadi murah, sebuah solusi yang sangat membantu. Limbah kodok, , pakan alternatif lele ini sebagai pengganti pakan pabrik yang berprotein sangat tinggi, di Jember limbah kodok hanya R.1.500 perkg.
  22. Cangkang bekicot. Dijadikan tepung cangkang atau tepung tulang sebagai bahan campuran pembuatan pelet ikan.
  23. Bungkus rokok, di design sedemikian rupa menjadi miniatur patung, arca, gedung dan bangunan.
  24. Sandal jepit bekas oleh si tangan kreatif disulap menjadi gantungan kunci, rumah-rumahan, miniatur mobil, pesawat. Hebatnya, kerajinan dari limbah berbahan karet ini mahal dan sudah masuk ke mall dan super-market lho.
  25. Plastik, didaur ulang dan dijual ke industri pengolahan plastik bekas, dibuat bunga hias yang indah.
  26. Tong bekas, dibuat pot bunga, bak budidaya belut dn lain-lain.
  27. Palet bekas, kayu-kayu bekas packing industri dibuat boneka dan mainan anak, meja belajar.
  28. Kulit jengkol, difermentasi dan dijadikan pupuk, kulit nangka akan meningkatkan kualitas tanah.
  29. Kulit nangka, sebagai media budidaya belatung dan sebagai tambahan nutrisi pakan ikan. difermentasi dan dijadikan pupuk dan media awal taman singkong.
  30. Dari Kabupaten Pangkep, Sulsel sebuah pabrik semen sukses menekan cost produksi memanfaatkan bahan bakar alternatif (BBA) dari sekam padi untuk energi pembakaran diunit produksi Harga sekam padi hanya 200.000 per ton sedangkan batubara 600.000 per ton, jumlah pemakaian sebanyak 100.000 ton batubara pertahunnya. Saat ini, pabrik semen  Tonasa memakai batubara 90.000 ton  dan fuel sekam padi 10.000 ton. Tonasa mampu menekan biaya dan berhemat sebesar 4 milyard.  Jika diikuti ribuan pabrikan berbagai sektor industri betapa hebat dampak yang akan diperoleh,  nilai tambah buat petani, tenaga kerja dan penanganan limbah sekam padi.

Bacaan yang sayang untuk dilewatkan

Organik Untuk Kehidupan

Revolusi Mental Agrobisnis

Gemar Ikan itu Hebat

Cara membuat pelet Apung

Pakan Alternatif Ayam Broiler

Pakan Alternatif Bebek pedaging

Pakan Alternatif Nila

Pakan Alternatif Lele

Spirulina Makhluk Allah Yang Fantastis

Keajaiban Singkong Penggempur Kanker

Sang Petarung Dari Pati

Portal Bisnis Agro

 

 

aa-eceng gondok

Karya cantik dari Eceng gondok

aa-kulit kerang

Hand-made indah dari limbah kulit kerang

aa-pelepah

Siapa sangka ini dari limbah gedebok pisang

aa-serbuk

Sense of art yang tinggi, serbuk gergaji menjadi karya religi

aa-sedotan

menakjubkan, limbah sedotan menjadi bunga menarik

Bijak terhadap sampah dan kita dapat mengingat  istilah ini : SDM dan SDA terbatas, kreatifitas tanpa batas.

Terima kasih, salam berlimpah limbah.

PP booster fish

Peluang bisnis memungut limbah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>