«

»

Oct 19

Peluang Usaha Semut Jepang

Peluang Usaha Semut Jepang

Oleh : Hadi Winarto

Satu lagi, komoditi agrobisnis yang bisa dijadikan usaha baru. Peluang Usaha Semut Jepang. Sebagian besar anda pasti baru mendengar dan bertanya seperti apa semut Jepang itu. Sesuai dengan namanya semut Jepang berasal dari Jepang, nama asli semut Jepang di Jepang dipanggil Ari, di Indonesia nama Ari menjadi nama orang, baik nama pria maupun wanita.

semut jepang

Karena dianggap berkhasiat semut Jepang dibawa ke Indonesia dan dibudidayakan untuk tujuan bisnis.

Bagaimana caranya berbiak, bentuknya, sejauh apa khasiatnya dan tentu saja anda menunggu bagaimana analisa atau potensi bisnisnya.

Sesuai judul diatas fokus utama tulisan ini tentu tentang bisnisnya. Terlebih dahulu saya buat perbandingannya dengan lele misalnya.

Jika lele di harga peternak Rp.14.000/kg dengan jumlah 10 ekor/kg maka harga per-ekornya Rp.1.400/ekor. Secara umum biaya operasional untuk 1 ekor lele kira-kira Rp.1.000-Rp.1.200 atau keuntungan bersih kurang lebih Rp.150-Rp.250/ekor, yang tekun membuat pakan alternatif dan pinter mengelola managemen kolam untuk menekan FCR tentu bisa diperoleh keuntungan antara Rp.200-Rp.400 per ekor.

Yang rugi diusaha Lele barangkali tertarik dengan artikel saya ini.

Tunggu dulu, tentu ada diferensialnya, Lele dibudidayakan untuk konsumsi sebagai sumber kebutuhan penting bagi manusia. Untuk semut Jepang tentu penggambaran dan pembanding dalam suatu usaha tidak bergaris lurus. Semut Jepang tidak untuk konsumsi, Semut Jepang di ‘warta’ kan sebagai obat beberapa penyakit, belum lagi tingkat kepercayaan (trust) belum melekat dan banyak orang masih meragukan khasiatnya. Awalnya semut Jepang dijual Rp.5.000/ekor namun sampai dengan naskah ini ditulis (20 Oktober 2014) harganya Rp.1.000/ekor

Namun jika dihitung biaya untuk kulturisasi semut Jepang jauh lebih murah, lebih mudah serta modal jauh lebih sedikit daripada budidaya perikanan (aquaculture)

Baiklah, tidak begitu salah rasanya, mari fenomena semut Jepang kita jadikan wacana saja terlebih dahulu.

Semut Jepang saat ini di gembar-gemborkan sebagai juru sembuh organik terhadap penyakit diabetes, menurunkan demam, menormalkan penyakit asam urat, menstabilkan hipertensi, kolesterol menjadi normal dan juga bisa menambah vitalitas pria,

Wow !

Seperti apa bentuknya.

Ciri ciri Semut jepang:

  • Berat badan maksimum 15 gram
  • Tingkat reproduksi cukup tinggi
  • Berkaki 6 (enam)
  • Bentuk tubuh keras dan berwarna hitam
  • Memiliki sayap tapi tidak bisa terbang
  • Menyukai berkelompok atau hidup bergerombol
  • Tidak memakan sesamanya (kanibalisme)

Ari atau semut Jepang dialam aslinya di Jepang berkembang biak dialam. Saat ini Ari sudah dikembangkan didalam toples dengan media kapas dianggap habibat yang bisa membuat Ari berkembang biak.

Cara pembiakannya :

Siapkan toples, tutup toplesnya, beri lubang kecil. Semut Jepang dalam 30 hari akan bertelur dan menetas dan 30 hari berikutnya semut sudah bisa dikonsumsi atau dipanen dan dijual.

Pakan

Pakan semut Jepang diberi ragi Tape (tanpa pemberian pakan lain, apalagi pemberian suplemen, antibiotik dan probiotik, tidak perlu)

Semut Jepang sebagai obat dengan cara mengkonsumsinya : Masukkan 3 ekor semut Jepang kedalam gelas, tuangkan air panas agar semut mati, agar cepat dingin campurkan air dingin dan bisa langsung diminum.

Well, bagaimana dengan anda ?, anda tertarik untuk dijadikan lahan bisnis baru ? atau mau mencoba apakah benar semut Jepang berkhasiat.  Untuk saat ini yang penulis ketahui penangkaran semut Jepang ini sudah dilakukan dibeberapa kota di Indonesia diantaranya di Jogjakarta, Jember dan Pasuruan.

Terima kasih. Selamat ber-improvisasi

kontak langsung 081224217112 (tidak SMS)

PP booster fish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>