«

»

Oct 26

Pemijahan Hipofisa, sebuah solusi

Pemijahan Hipofisa, sebuah solusi 

Oleh : Hadi Winarto

Pemijahan Hipofisa, sebuah solusi 

Penemuan pemijahan hipofisa atau kawin suntik  pada budidaya ikan lele segmen pembenihan disebabkan :

  1. Ada beberapa indukan lele yang tidak berhasil atau sulit memijah dengan menggunakan methoda pemijahan alami.
  2. Pembiakan ikan Lele bersifat musiman atau melakukan perkawinan pada musim hujan.
  3. Pada perkembangan berikutnya ternyata hasil dari indukan yang mengalami kesulitan memijah atau tingkat survival rate nya (SR) sebelumnya 20-30% menjadi meningkat 60-90%
  4. Hasil sistim hipofisa ini menghasilkan anakan (benih) yang tahan dan kuat

Tahapan persiapan

Pemilihan indukan memegang peran vital dalam pekerjaan pemijahan hipofisa ini. Indukan harus cukup umur, minimal 1 tahun. Umur ideal usia induk 1,5 tahun hingga memenuhi the golden age 2,5 tahun.

Memilih indukan Jantan

  1. Gerakan lincah
  2. Tubuh ramping
  3. Tubuh berwarna kemerahan
  4. Alat kelamin runcing dan panjang

Memilih indukan betina

  1. Usia induk berumur 1 tahun.
  2. Memiliki perut besar dan jika disentuh terasa lembek.
  3. Kelamin berwarna merah dan pada siap kawin lubangnya  membesar tapi tidak memanjang keluar.
  4. Andai diurut kearah anus keluar telur warna kuning.

 Menyiapkan donor

Cairan Hipofisa bisa didapat  dari kelenjar yang terletak di bagian bawah otak . Korban atau donor ikan untuk mendapatkan cairan . Ikan mas diklaim oleh pemijah sangat baik bila digunakan sebagai donor . Sepasang donor  ikan membutuhkan sebanyak 5 kg . Donor Ukuran ikan : 1 kg 3 ekor ( panjang 25-35 cm ).

Pengambilan kelenjar pituitary

Potong batas batok kepala dari arah mulut , kepala lele dipotong , bagian atas kepala diambil . Ambil kelenjar menggunakan pinset , kemudian kelenjar cair itu dihancurkan dengan menggunakan alat dengan 1-2 cc air disuling pada alat yang disebut grinding ditambah pelarut aquades. Ambil kelenjar dengan menggunakan jarum suntik.

Penyuntikan

Setelah dilakukan penyuntikan induk ditaruh pada kolam/bak ukuran 100 cm x 100 x 25 cm. Induk disuntik pada sore atau malam hari . Kelenjar pituitary yang telah disiapkan , disuntikkan setengah induk jantan dan setengah lainnya dalam induk betina . Suntikan dilakukan di belakang dengan memasukkan jarum pada sudut 45 ° sedalam 2 cm . Suntikan dilakukan di kulit punggung kanan ikan.

Penangan telur

Induk yang telah disuntikkan , dilepaskan ke dalam kolam/bak pemijahan . Pemijahan akan terjadi pada malam hari , 8-12 jam setelah injeksi . Potensi pemijahan pada indukan Lele berjumlah antara 30 ribu ekor hingga 150 ribu ekor larva.

Telur menetas antara 20-24 jam pemijahan . Benih larva  diberi makanan tambahan pada hari ke-3 setelah menetas dengan cacing sutra. Sirkulasi air yang terbaik adalah tetap mengucur/mengalir selama 24 jam.

Pemijahan Ikan Sistim Implantasi

Oleh  Bambang Permadi, Spi.

Inovasi dan penemuan dari para ahli, ilmuwan dan pakar diberbagai bidang, diberbagai disiplin ilmu, sepatutnya menerima penghargaan yang tinggi karena memberi kemudahan, perbaikan dan peningkatan baik kualitas maupun kuantitas, penghematan biaya produksi dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Demikian juga dengan dunia teknologi dibidang perikanan. Sub kegiatan pemulia-biakan dibidang pemijahan (breeding) juga mengalami peningkatan.

Dulunya, kita hanya mengenal ikan sebagai sumber nutrisi paling penting bagi manusia, dihasilkan dari kebaikan alam dengan menangkap ikan menggunakan jala, menjebak dengan jaring, memancing, memasang bubu, lebih canggih lagi menangkap ikan dengan kapal besar dan modern. Dirasa alam sudah labil disebabkan pencemaran lingkungan, biota ikan tidak lagi sesuai lagi dengan habitatnya.

Manusia adalah makhluk jenius, tidak boleh kalah oleh ganasnya alam, ikan saat ini tidak lagi ditangkap namun dilakukan pembiakan dengan berbagai cara. Para peniliti segera turun tangan dan menciptakan berbagai uji coba, lamanya bertahun-tahun, dilakukan secara estafet dan selalu menghasilkan perbaikan strain dan galurdari generasi ke generasi. Seperti pada lele kita mengenal lele dumbo, sangkuriang, phyton, mutiara, burma, masamo dan kaka. Anda pasti mengingat bahwa saat ini ayam bisa dipanen pada umur 27 hari hingga 35 hari, dulunya memakan waktu 4 bulan, padi dihasilkan 15 ton per HA, lele 9 bulan baru berukuran 1 ons dan ratusan penemuan atas jasa tanpa pamrih dari para penemu.

Dikenallah sistem pemijahan dengan  kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan terbagi atas.

  1. Sistim pemijahan alami
  2. Sistim pemijahan buatan
  3. Sistim pemijahan hipofisa (kawin suntik)
  4. Sistim pemijahan implantasi

Pemijahan ikan sistim implantasi dikenal sebagai sistim yang terbaik dari semua sistim yang ada, anda penasaran ! ini dia informasinya.

Pemijahan  ikan sistim implantasi dapat dilakukan baik ikan air tawar (aquaculture) maupun ikan air laut.

Implantasi

Pemijahan ikan sistim implan dikenal sebagai sistim yang terbaik dari semua sistim yang ada, anda penasaran ! ini dia informasinya.

Pemijahan  ikan sistim implan dapat dilakukan baik ikan air tawar (aquaculture) maupun ikan air laut.

Pada pemijahan alami adalah teknik paling sederhana, ambil sepasang atau lebih indukan ikan matang gonad, taruh di bak pemijahan, bisa dilakukan secara massal, beres.

Pada pemijahan semi intensif indukan dimatangkan dengan zat tertentu kemudian ditaruh di bak pemijahan, juga beres. Pada pemijahan intensif atau hipofisa dilakukan dengan jalan mengorbankan donor lain atau membunuh indukan jantan ikan lain untuk diambil kelenjar hipofisa. Terkesan kejam, semua serba dipaksa sehingga terkesan tidak menghormati hak azazi ikan atau tidak hewani (baca tidak manusiawi jika pada orang)

Profesi panggilan

Nah, pada sistim implan dilakukan memaksa juga tapi tidak berlebihan. Sistim implan menggunakan butiran yang padat sehingga pembentukan kematangan atau daya pijah agak lambat, sehingga agak hewani, berbeda dengan sistim kawin suntik yang menggunakan zat cair atau cairan dengan merk dagang severti ovaprim yang dibuat agar percepatan matang gonad dipaksa secara instan atau cepat.  Dalam kata lain implantasi dilakukan melalui produk rekayasa pakan.

Keuntungan dari sistim implan ini yang paling signifikan adalah tingkat mortalitas (kematian) yang rendah hingga metoda ini sangat digemari dikalangan peternak. Dan sekarang muncul satu profesi baru  yaitu petugas pemijahan sistim implan panggilan. Penulis sering dimintai jasa ini terutama ikan laut, bandeng. Pada ikan air tawar banyak digunakan untuk ikan patin dan ikan-ikan lainnya.

BACA ARTIKEL : BUDIDAYA LELE SEGMEN PEMBENIHAN

CACING SUTRA BISNIS TANPA BATAS

Terima kasih

Ingin mengetahui harga ayam, lele, jahe dan cabe hari ini, kunjungi

Harga Ayam Hari Ini

link

pakan ikan lele, pakan organik, pakan alternatif

PP booster fish

 

Pemijahan Hipofisa, sebuah solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>