«

»

Nov 26

Pencuri Ikan di Laut Indonesia

Pencuri Ikan Dilaut Indonesia

Oleh : Hadi Winarto

(Ini bunyi update status dari Facebook :

https://www.facebook.com/groups/IndonesianBusinesslkpiteam/

Ikan-ikan Indonesian : Jangan lagi memberi kesempatan kepada para pencuri ikan-ikan Indonesia, Ikan-ikan Indonesia sudah saatnya untuk kesejahteraan bangsa, jangan lagi para maling ikan-ikan Indonesia menikmati kekayaan laut Indonesia, jangan lagi membiarkan pencurian yang sudah berlangsung puluhan tahun, penegak hukum dilaut yang selingkuh sama derajatnya dengan penjarah itu sendiri. Negara asal pencuri yang membela para pencuri ini adalah negara yang mengelola negara dengan cara sungguh tidak terhormat dan tidak perlu dihormati, ini adalah modus)

Usulan menenggelamkan kapal-kapal bagi yang  mencuri ikan diwilayah peraran laut oleh Susi Pudji Astuti, sang menteri nyentrik mencuri perhatian dan memunculkan perdebatan di media massa. Menteri Susi juga usul untuk melarang pengangkutan atau ada pelabuhan ditengah laut yang menimbulkan potensi kecurangan oleh oknum penegak hukum.

Ide menenggelamkan kapal pencuri ikan dilaut Indonesia ini dianggap radikal  namun gagasan ini menunjukkan suatu itikad baik atas keprihatinan seorang menteri terhadap kemiskinan yang mendera terutama oleh nelayan Indonesia.

Beberapa pendapat akan menimbulkan hubungan dengan negara asal pencuri ikan. Lucu sekali sebenarnya jika kita takut akan mempengaruhi hubungan suatu negara, kenapa ? lautan beserta kekayaan isinya adalah milik bangsa Indonesia, keraguan seorang pejabat bahwa menenggelamkan kapal bukan pekerjaan mudah, bagaimana ini ? bagaimana kita akan berdaulat atas laut kita jika terlalu toleran terhadap garong dirumah atas harta kita sendiri, ketakutan akan retaknya hubungan diplomatik sungguh suatu yang lucu. Tidak ada komen lain selain lucu.

Apa pendapat anda saat kapal nelayan dari Nusa tenggara Timur yang kapalnya dibakar oleh Australia, bisakah kita membela rakyat kita, apakah kita bisa menyalahkan Australia ? tidak, sekali-sekali tidak. Dan jika hati-nurani kita mengikuti nilai-nilai moral, tindakan Australia adalah ‘pantas’ karena saudara kita itu sudah mengambil hak orang lain. Disaat kita menenggelamkan atau membakar para pencuri kekayaan kita, kita juga berhak mengatakan ‘pantas’.

300 triliun nilai ikan yang dicuri dan sudah dibiarkan puluhan tahun bukanlah angka yang sedikit, bukan sekedar ‘value’ namun telah menggerus wibawa NKRI. Angka ini sungguh hebat dan bisa melebihi pendapatan migas kita.

Kita sudah memiliki landasan hukumnya dan hanya dibutuhkan (1)kemauan untuk melaksanakan hukum yang sudah kita buat. Dibutuhkan (2)keberanian untuk melaksanakan hukum yang dibuat untuk melindungi perairan laut Indonesia dan dibutuhkan (3)ketegasan bertindak jika kegiatan yang melanggar hukum diatas laut-laut Indonesia.

300 triliun adalah angka yang lebih dari cukup untuk memperbaiki kapal-kapal patroli laut, infrastruktur  seperti pengadaan dan pelatihan yang memadai dan meningkatkan kesejahteraan petugas kelautan. Dan membuat aturan yang tegas kepada oknum petugas yang bisa dibeli ditengah laut.

Penerapan menenggelamkan kapal pencuri ikan di laut Indonesia justru akan meningkatkan kewibawaan bangsa. Jika ada penolakan dari bangsa lain kita tidak perlu ‘galau’ dan lemah, yakini saja bahwa sudah saatnya bangsa Indonesia mengangkat harkat bangsa dari laut, puluhan tahun laut ini menjadi hamparan yang sia-sia, menjadi samudra namun dikelola oleh ‘managemen salah urus,’ menuju hasrat menjadi poros maritim dunia.

Benar bunyi  update status di wall agrobisnis institute : ikan-ikan indonesia semestinya dinikmati bangsa Indonesia, ide menenggelamkan kapal pencuri ikan bukanlah ide istimewa, bukanlah tindakan radikal atau kontroversial, tindakan yang istimewa adalah manakala kita membiarkan kemiskinan menyelimuti kita karena toleransi atau rasa takut. Istimewa jikalau negara ini selalu mau dikangkangi oleh bangsa lain. Membiarkan negara lain mempermainkan kedaulatan atas perairan 5,8 juta m3 lebih ini bahkan hanya oleh pencuri ikan.

nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa

Terimakasih.

Klik artikel ini:

Gemar ikan itu hebat

Kandungan Omega-3

susi mentri

Pencuri Ikan Dilaut Indonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>