«

»

Sep 17

Penyakit Ikan dan Obat Organik

Penyakit Ikan dan Obat Organik

Oleh Joko Mulyono

Untuk memahami penyakit ikan dan Obat organik kita perlu mengenal  tanaman atau tumbuh-tumbuhan dan fungsinya sebagai obat herbal bagi ikan air tawar

Terdapat banyak referensi tentang tanaman yang bisa dijadikan sebagai fungsi obat herbal, fungsi vitamin dan fungsi probiotik untuk budidaya ikan air tawawar (aquaculture)

Dibawah ini kami paparkan beberapa tanaman yang mudah didapat disekitar lingkungan kita.

Daun ketapang                      Meningkatkan Ph air

Daun sambiloto                     Menggempur jamur aeromonas

Daun sirih                               Menggempur jamur aeromonas

Daun jambu klutuk                Menggempur jamur aeromonas

Bawang putih                        antibiotik

Temulawak                            Meningkatkan nafsu makan

Buah pace                              Menurunkan kanibalisme

Buah belimbing wuluh         Menurunkan kanibalisme

Daun mahoni                         Meningkatkan/menetralkan Ph air

Daun kates                            Meningkatkan/menetralkan Ph air

Batang kates                         Meningkatkan/menetralkan Ph air

Kunyit                                      Antibiotik

Daun meniran, daun kunyit, daun pete dan banyak lagi yang lainnya.

penanganan dini terhadap jamur ganas yang disebut Jamur aeromonas dapat dicegah dengan gabungan daun sambiloto, daun siri dan daun jambu klutuk dan kunyit. Rebus ke-4 ramuan ini kemudian dibibis bersama pelet, jika memungkinkan dapat diblender agar halus. Ramuan ini berbiaya murah dan berfungsi secara mutual. ada obat-obat kimia berfungsi secara parsial.

Fungsi mutual adalah target pencegahan dan penyembuhannya terhadap satu penyakit namun memberikan  efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit lainnya.

Fungsi parsial adalah target pencegahan dan ppenyembuhannya terhadap satu penyakit

namun memberi efek negatif atau menambah penyakit lainnya.

Mengatasi penyakit lele moncong putih

*** Daun meniran          50 lembar

*** Daun Sambiloto      50 lembar

*** Daun sirih                 50 lembar

*** Bawang putih             5 siung

*** Garam                         1 sdm

*** Minyak                         2 sdm

Semua bahan jadikan 10 liter

Cara buat

Campur dan blender semua bahan, masukkan kedalam kolam dengan takaran  1 liter ramuan diatas untuk 1000 liter air. Siramkan kekolam 3 hari berturut-turut.

Sekilas Tentang Bakteri

Bakteri

Bagi pemula pembudidaya ikan sering dibingungkan membedakan antara bakteri, virus, penyakit atau kuman. Dibawah ini kami kami kupas secara sederhana uraian tentang bakteri, semoga bermanfaat.

Bakteri adalah mikro organisme bersel satu yang tidak mengandung zat chlorofil, bakteri dapat bergerak-gerak , bermigrasi, mampu berkembang biak dengan membelah diri, bisa membentu spora atau tidak. Bakteri bentuknya bermacam-macam, bulat, batang atau spiral.

dunia tumbuh-tumbuhan. Kebanyakan bakteri tumbuh dan berkembang biak dengan autotrof dengan mendapatkan energi dari proses oksidasi pencahayaan karena cahaya memiliki zat yang disebut bacteriochlorofil.

 

Aktifitas kehidupan bakteri mempunyai peranan yang sangat penting bagi mata rantai kehidupan dialam. Kegiatan bakteri didalam tanah melakukan proses-proses pembusukan terhadap jaringan-jaringan tumbuh-tumbuhan dan binatang/hewan. Dengan terjadinya proses-proses itulah dapat tersedia bahan-bahan makanan tumbuh-tumbuhan karena bakteri merupakan sumber bagi pembentukan zat-zat antibiotik.

Peranan penting lainnya bakteri dalam melakukan pembersihan kotoran-kotoran. Dalam menimbulkan penyakit pada tumbuh-tumbuhan bakteri tidak merupakan sebab sepenting cendawan akan tetapi pada hewan dan manusia. Pada hewan dan manusia bakteri dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan.

Uraian singkat
Autotrof : merupakan organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik
(dapat membuat makanan sendiri)
Spora :satu atau beberapa sel.

Daun meniran, daun kunyit, daun pete dan banyak lagi yang lainnya.

Jamur aeromonas dapat dicegah dengan gabungan daun sambiloto, daun sirih dan daun jambu klutuk.

Demikian uraian singkat tentang penyakit ikan dan obat organik ini, berharap memberi penerahan dan kelengkapan pengetahuan tentang ikan anda.

Menekan Food Convertion Ratio menjadi 0,67 HINGGA 0,83

Segmen pembesaran

Persiapan kolam

Bersihkan kolam (terpal, fiber, tanah, semen dan lain-lain)

Isi air minimal 50 cm.

Beri biocatfish 100ml utk ukuran 100cmx100cmx50cm

Beri kotoran hewan 0,25kg utk ukuran 100cmx100cmx50cm

Biarkan 5 hari s/d 7 hari hingga air terlihat hijau bening.

Bila pada saat benih hendak tebar kondisi air terlalu keruh bisa dikurangi hingga tercapai kekeruhan yang ideal.

Media kolam

Buat media penyiponan (central drain) yang terbuat dari paralon didasar kolam, paralon dilobangi dbawahnya lebih kecil dari ukuran benih. Fungsi nya jika dibuka air akan keluar melalui lubang, tekanan air yang keluar akan menyedot amoniak (feses ikan) Penggunaan media sipon cukup dilakukan pada pagi hari selama 3 menit dan sore selama 3 menit.

Aerator

Aerator berfungsi meningkatkan kadar oksigen dalam air. Bentuk aerator sederhana terbuat dari paralon yg terhubung ke sumber air, paralon juga diberi lubang tiap 5 cm sepanjang permukaan kolam. Pemakaian aerator ini cukup malam hari sedangkan meningkatkan oksigen pada siang hari cukup dengan bantuan sinar matahari.

Suhu

Jika memungkinkan sumber air yang berasal dari tabung/tandon/bak tampung diberi heater yang pengukuran suhunya diatur 30’C. Cukup malam hari antara jam 19.00 s/d 22.00. Alirkan kekolam.

Pemakaian heater ini untuk memperkecil disparitas antara suhu malam dan suhu siang tidak terlalu jauh berbeda, lele suka dengan suhu air yang hangat

Memilih benih

Pastikan benih dari galur/strain yang berbeda (perkawinan sedarah penyebab ikan jadi kerdil dan tidak bisa besar)

Tebar

Tebar ideal maks 400 ekor/m3

Ukuran benih minimal 5 cm

Air

Pada 7 hari pertama tebar benih, pergantian air lakukan tiap hari antara 30% s/d 50% sesudah itu bisa dikurangi menjadi 2 hari 1 kali dan seterusnya (situasional)

Suplemen, antibiotik, probiotik dan pakan

Pakan pabrik atau pakan buatan/alternatif diberi Vita Booster Fish/probiotik dan Amino Booster Fish+ atau merk dagang yang mengandung nutrisi lengkap : Lysine, methionine, enzim amilase, enzim selulose dan protease.

Cara menggunakannya :

Campur Enzima Star kedalam air bersih 0,5 liter lalu masukkan pelet, aduk, biarkan 10 menit agar meresap dan homogen lalu berikan ke ikan.

Penggunaan formula diatas tidak boleh lebih dari 6 jam

Hasil

Lele           :        Tebar mulai ukuran 5cm akan memperoleh

FCR 0,67 s/d 0,83

Nila             :        Tebar mulai ukuran 3-5 cm, pada usia 60

menghasilkan 7ekor dan 8 ekor perkg

Patin          :        Tebar mulai ukuran 2inch, berikan

pada usia 60 bulan, akan panen pada umur 7 bulan.

Fungsi utama Enzima Star :

  • Menggempur jamur aeromonas dan white spot

Meningkatkan protein pada pakan.

  • Sebagai antibiotik.

Mengenal penyakit ikan

Hama, apa itu ?

Lingsang, kura-kura, biawak, ular air, ikan buntal, belut, ikan gabus dan burung. Penanganan hama seperti ini agar disikapi oleh setiap peternak, kelihatannya ini sangat sepele namun jika hama diatas menyerang pada ikan ditingkat larva dan benih tingkat mortalitas ikan menjadi sangat tinggi.

Penyakit. Penyakit ikan ada yang disebabkan

  1. Infeksi, penyakit ini datang diakibatkan serangan organisme patogen

Organisme patogen adalah biang penyebab infeksi melalui bakteri, parasit, jamur, dan virus. Serangan parasit White spot/Ichthyoptirus multifilis.

Parasit
Penyakit white spot (bintik putih) disebabkan oleh parasit dari bangsa protozoa dari jenis Ichthyoptirus multifilis Foquet. Pengobatannya: menggunakan metil biru atau methilene blue konsentrasi 1% (satu gram metil biru dalam 100 cc air). Ikan yang sakit dimasukkan ke dalam bak air yang bersih, lalu masukkan larutan tadi, biarkan dalam larutan  24 jam. Lakukan selama tiga kali dengan selang waktu sehari.

Jamur
Jamur akibat adanya luka pada badan. Penyakit jamur adalah Saprolegnia sp. dan Achlya sp. Pencegahan penyakit jamur dapat dilakukan dengan cara menjaga kualitas air. Ikan yang terlanjur sakit harus segera diobati dengan malachyt green oxalate sejumlah 2 –3 g/m air (1 liter) selama 30 menit. Caranya rendam ikan  dengan larutan tadi, dan di ulang sampai tiga hari berturut- turut.

Penyakit bakteri
Bakteri yang menyerang adalah Aeromonas sp. dan Pseudo-monas sp. Ikan akan mengalami pendarahan pada bagian tubuh di bagian dada, perut, dan pangkal sirip. Aeromonas sp. dan Pseudomonas sp. Bakteri ini menyerang semua jenis ikan. Jika belum parah bisa diatasi dengan :

  1. Rendam ikan dalam larutan kalium permanganat (PK) 10-20 ppm selama 30 menit,
  2. Rendam ikan dalam larutan nitrofuran 5-10 ppm selama 12–24 jam, atau
  3. Rendam ikan dalam larutan oksitetrasiklin 5 ppm selama 24 jam.
  4. Penyakit non-infeksi

Penyakit non-infeksi disebabkan keracunan dan kurang gizi. Gajala keracunan dapat diidentifikasi dari tingkah laku ikan. Ikan lemah, megap-megap dan dipermukaan, ikan berenang terbalik dan mati. Pada kasus kurang gizi, ikan tampak kurus dan kepala terlihat lebih besar,malas dan lamban.

Terimakasih.

Terimakasih, salam aquaculture

Lengkapi bacaan anda tentang aquaculture dengan meng-klik artikel-artikel dibawah ini :

Monokultur, Polikultur, Monosex dan Integrated System

Pekanbaru, Desember 2005

yatie  wiwin  afrika masrufin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>