«

»

Sep 19

Peran molase dalam agrobisnis

Peran molase dalam agrobisnis

Pengertian Tetes Tebu atau Molase

(bahasa Inggris: molasses)

Peran molase dalam agrobisnis

 

 Molasses, molasse, tetes, istilah yang mempunyai arti agak berbeda dengan tiap-tiap daerah. Juga istilah yang sama tapi berbeda antara yang berasal dari industri gula tebu dengan industri gula ubi manis namun proses teknologi pengerjaannya kurang lebih sama.

Dalam industri gula tebu gula tetes ialah lindi induk yang tinggal setelah kristal gula dipisahkan. Yang berasal dari pemisahan hasil kristal yang pertama dinamakan gula tetes pertama dan dari tetes kedua gula tetes kedua, dst. Yang tertinggal dari pemisahan kristal terkhir dinamakan gula tetes trakhir. Pada industri gula ubi manis hanya lindi induk yang berasal dari pemisahan kristal yang terakhir saja yang dinamakan gula tetes atau molase.

Pada umumnya molase mengandung gula invert, gula, air, garam dan karbohidrat. Tetes yang bermutu baik Banyak dipakai dalam pembuatan rum dan masak-masakan atau sebagai konsumsi manusia. Sedangkan yang mutunya rendah dipakai untuk mencampur makanan ternak dan pembuatan alkohol. Dalam pemanfaatan pakan ternak diberikan pada hewan peliharaan maupun ikan serta sebagai bahan dasar pembuatan probiotik khusus ternak dan ikan.

Molase sejak tahun 1970 sudah diperkenalkan sebagai antibiotik ikan, pakan tambahan ikan atau sebagaian pakan alternatif bahkan beberapa petambak lele, gurame, bawal, ikan mas dijadikan pencampur  pakan ikan dan cara penggunaannya dengan jalan dibibis. Kemudian berkembang untuk pakan ayam, formula pakan organik serta pakan alternatif.

Standar molase

mempunyai kadar sukrosa 16% dan air 25%.

Sentra industri molase hampir bisa diperoleh diseluruh Pulau Jawa, Industri Molase di Jember, Jawa Timur, salah satu penghasil Molase terbesar di Jawa.

Artikel lain yang berhubungan dengan molase bisa di klik pada  huruf huruf warna biru dibawah ini :

Peran molase dalam agrobisnis

Merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu atau gula bit yang masih mengandung gula dan asam asam organik. Molase yang hasil dari industri gula tebu di Indonesia dikenal dengan nama tetes tebu. Kandungan sukrosa dalam molase cukup tinggi, berkisar 48-55%.

Dirangkum dari wikipedia dan jurnal ilmiah lainnya.

Manfaat Tetes atau molase Untuk Ikan

Pekanbaru, September 2014

Pemberian molase pada aplikasi probiotik terhadap pertumbuhan ikan air tawar seperti : Patin, Nila, Lele, Gurami, Mas, bawal dan lain-lain.

Pemberian probiotik sebagai bioremediasi berguna untuk memperbaiki kualitas air yang menjadi habitat ikan, bermanfaat dalam mempercepat tumbuh dan populasi, mencegah, menghambat bakteri patogen yang tumbuh di air.

Molase merupakan limbah dari hasil industri gula namun nutrisi dan kandungan sukrosa sangat bermanfaat bagi ikan. Molase merupakan makanan terbaik plankton atau molase berfungsi mempercepat tumbuhnya plankton, plankton merupakan makanan alami ikan, untuk pemberian molase bersama probiotik pada persiapan kolam memberi hasil yang signifikan.

Molase juga berperan sebagai pengganti  merk dagang yang mengandung sukrosa yang sangat mahal

(harga molase saat ini di Jember, Agustus 2014, Rp.1.800/liter)

Pemakaian molase lebih emat 90% dibanding harga bahan dengan kandungan kurang lebih sama dengan molase.

Penelitian yang sudah dilakukan pada semua ikan air tawar memberikan hasil yang maksimal terhadap ikan nila, ikan Nila yang ditebar ukuran 3-5 Cm selama 60 hari hingga 65 hari menghasilkan 6 ekor hingga 7 ekor perkilo gram, sehingga sangat menguntungkan peternak karena waktu panen lebih cepat dan pakan buatan sendiri menghemat biaya pakan lebih dari 40-50%. Pada ikan Patin waktu panen lebih cepat 2 bulan dan biaya pakan menghemat 30-40%.

Aplikasi pemberian molase dan probiotik ini dicampurkan pada pakan buatan sendiri, bukan pakan pabrik. Hanya pada ikan gurami hasilnya tidak begitu menggembirakan.

Di kerawang Jawa Barat, Pak Yoyo memberikan probiotik dan molase pada kambing, hasilnya 5-10% kambing lebih cepat besar. Pak Yoyo menambahkan probiotik yang digunakan harus mengandung :

bacteri lacto Bacillus Sp.

Penggunaan molase mampu mempertahankan DO air dan meningkatkan Ph air.

Keterangan :

Informasi tentang bahan PAKAN ALTERNATIF LELE buatan sendiri,

murah, berkulitas dan protein 37,19 % dapat anda klik disini : PORTAL BISNIS

Harga molase ditingkat pengecer saat ini Rp.5000-8000/liter.

Pembelian partai besar minimal 5 ton harga Rp.1.700/liter diluar ongkos kirim.

Gudang : Probolinggo dan Jember Jawa Timur

Admin Contact : 081224217112, no SMS

HOT NEWS

Kami tak menduga, dari 200 Artikel yang kami rilis, ada sebuah naskah yang terbaik dan dianggap paling memberikan pencerahan oleh peternak di seluruh Indonesia bahkan diapresiasi oleh para pengunjung dari Amerika, Australia, negara-negara Asia dan benua Eropa. Jika para pembaca belum membacanya silahkan klik judul ini TRIK MENINGKATKAN KWALITAS NUTRISI PAKAN

Info Teknologi Terkini

Pelatihan Membuat Pelet Apung

Agroculture Treatment Machine

Fermentor Terbaik dan Tercepat

Terima-kasih, salam Agro.

PP booster fish

Peran molase dalam agrobisnis

 

4 comments

Skip to comment form

  1. geodesic dome tent kit

    here are some links to sites that we link to due to the fact we feel they are worth visiting

  2. Arnulfo Filmer

    When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get several emails with the same comment. Is there any way you can remove me from that service? Thanks a lot!

  3. Better Health

    you’re truly a good webmaster. The site loading speed is amazing. It kind of feels that you are doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterwork. you have done a great process on this matter!

  4. Guadalupe Hurns

    Hello! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us useful information to work on. You have done an outstanding job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>