«

»

Dec 25

Petunjuk Budidaya Jamur Ling-zhi

Petunjuk Budidaya Jamur Ling-zhi

Oleh : Hadi Winarto

Seperti yang pernah saya tulis dalam artikel saya yang berjudul : ANGIN PUTING BELIUNG DAN AGROBISNIS bahwa 30.000 petani Jamur di Jawa tengah bangkrut beberapa tahun yang lalu. Faktor utama adalah over produksi, produksi lebih banyak daripada permintaan. Faktor kedua adalah jamur merang memiliki waktu kedaluarsa yang pendek dan faktor ketiga jamur merang hanya dimanfaatkan sebagai konsumsi kuliner bukan makanan pokok. Faktor selanjutnya datang dari dalam sumber daya manusia itu sendiri yaitu terbawa arus (angin surga) dan minimnya pengetahuan tentang jamur dan tidak telaten.

Petunjuk Budidaya Jamur Ling-zhi

Jamur ling-zhi bermanfaat ganda, disamping digunakan sebagai aneka kuliner, jamur ling-zhi dinyatakan sebagai obat herbal (organik) dan pencegah,  penggempur berbagai macam penyakit. Secara alami jamur ling-zhi lebih banyak digunakan sebagai pengobatan dan dipercaya berkasiat. Nilai lebih inilah yang membuat jamur ling-zhi layak dijadikan usaha sebagai mata pencaharian. Jamur ling-zhi bernilai bisnis (ekonomi) lebih tinggi daripada jenis jamur yang lain. Kepercayaan akan manfaat ling-zhi berguna untuk kebugaran dan kesehatan.

Dikalangan orang China jamur ling-zhi bahkan kedudukannya disejajarkan dengan cordyceps (tanaman yang tumbuh diketinggian diatas 3000-5000 dpl). Bahkan lebih jauh lagi ling-zhi dianggap memiliki nilai magic dan banyak dipajang dalam bentuk kering sebagai hiasan diruang tamu.

Masyarakat jepang menempatkan jamur ling-zhi sebagai pohon keberuntungan atau jamur spiritual (reishi) atau disebut saiwatake atau jamur keberuntungan, jamur mannetake (keabadian) atau jamur 10.000 tahun.

Ganoderma lucidum atau jamur ling-zhi atau ling-shih oleh masyarakat tionghoa bermakna pohon kehidupan. Ganoderma lucidum ini dikonsumsi dalam bentuk serbuk, serpihan, utuh dan dibuat dalam kemasan tablet atau pil. Diseduh dengan teh, bersama kopi atau diminum dengan air hangat.

Proses pengolahan

Jamur ling-zhi diolah dengan 2 versi

  1. Pengolahan dalam bentuk GL (gano mycelium) atau melalui proses fermentasi, yang menghasilkan serat saja atau miselium saja.
  2. Pengolahan dalam bentuk RG (reishi-gano) atau pemrosesan tubuh buah sehingga serbuk menjadi ekstrak nya saja.

Kandungan

Berdasarkan hasil uji labor dan laporan jurnal ilmiah, ling-zhi mengandung beberapa zat yang berkhasiat diantaranya glukosa, saponin, stereoid, flavonoid, koumarin, fenol, triteripenoid (pemulihan sistem kerja tubuh atau metabolisme) dan adenosin (penggempur racun dalam tubuh) . Ling-zhi memiliki zat pengatur tumbuh, asam ganoderik dan ganodermin yang berfungsi menjaga kesehatan, kebugaran dan menghambat karsinogen penyebab penyakit kanker pada tubuh manusia. Asam ganodenik untuk mempertahankan keawetan organ tubuh agar selalu fit dan enerjik. Asam ganoderik ini yang membuat tubuh tetap mempertahan sel-sel dalam tubuh dan fisiologi tubuh akan terlihat awet muda. Zat lain yang terdapat dalam tumbuhan ini disebut polisakarida yang juga berfungsi sebagai pembersih zat beracun dan menguatkan fungsi kerja dalam tubuh

Jamur lingzhi tercatat sebagai jamur yang memiliki kandungan GeO (germanium organik) yang tertinggi diantara jamur lain berkisar 800-2000 ppm didalam miselia (serat) kandungan sebanyak ini mampu menyerap GeO.

Teknik Budidaya Jamur Ling-zhi

Teknik budidaya kurang lebih semua jamur sama perlakuan dan perawatannya. Dan kami urai syarat umum berbudidaya jamur ling-zhi.

  1. Lahan harus relatif datar, lokasi lahan memudahkan untuk akses transport, kesipaan perangkat atau bahan baku tidak jauh dari lokasi. Lokasi yang datar menyebabkan sirkulasi udara bisa stabil dan lancar. Kemiringan lahan maksimal 45 derajat celcius.
  2. Ketinggian minimal 700 meter dari permukaan laut (dpl)
  3. Temperatur udara ideal 13-17C, temperatur diatas ini harus menggunakan perangkat tambahan.
  4. Jauh dari polusi udara, pencemaran, residu berbahaya hasil pertanian dan peternakan, jauh dari asap pembakaran dapur dan knalpot mobil serta jauh dari kawasan p
  5. Pemilihan bibit yang sudah teruji dan memiliki sertifikat dan p Dibawah ini kami cukil teknik perhitungan menentukan kualitas Jamur dari buku (Sukses Beragrobisnis Jamur Kayu Karya H.Unus Surawiria, 1999), sebagai berikut :

Paramater bibit yang baik adalah ditentukan oleh nilai Biologial Effesiency Ratio atau BER. BER adalah perbandingan antara jumlah jamur yang dihasilkan dengan berat substrat tanam jamur. Misalnya, nilai BER jamur lingzhi antara 15-35% dan berat substrat tanam rata-rata 1000 gram maka nilai yang harus dicapai 0,15 x 1000 gram = 150 gram, sedangkan nilai maksimal 0,35 x 1000 gram = 350 gram. Tentu saja bila nilai BER lebih tinggi maka nilai bibit akan lebih baik. Nilai BER jamur kuping antara 50-85% sedangkan jamur tiram 75%

Hal-hal lain  yang dibutuhkan adalah  :

  • Rekruitmen sumber daya manusia
  • Pengetahuan tentang Penyakit dan hama jamur,
  • Menentukan skala usaha (disesuaikan dengan kemampuan modal) dan meliputi perhitungan kebutuhan lahan dan bangunan.
  • Memersiapkan peralatan infrastruktur jamur.
  • Membuat job position (struktur organisasi) dan job discription (program kerja)
  • Mempersiapkan penunjang operasional

Terimakasih.

Sekilas tentang Cordyceps

Cordyceps Mycellium, cendawan tumbuh di 3000-5000 dpl,  parasit di kepompong cacing. Orang China menyebut Cordyceps dengan  “dong chong xia cao.”

Cordyceps mycelium mengandung  7% asam cordyceps sinensis, 25% protein, 8,4% lemak dan mengandung sekitar 20 asam amino.

Jamur Kuping Desa Jambewangi

Saat berkunjung didesa Jambewangi kecamatan Sempu kabupaten Banyuwangi Jawa Timur kerumah mertua, saya disuguhi jamur kuping goreng saat santap malam berlangsung. Wuff rasanya enak tenan, Ternyata bagi warga desa Jambewangi menu jamur kuping adalah hal yang biasa setidaknya saat musim tumbuh jamur, saya baru tahu kalau jamur kuping itu tidak dibeli tapi kebetulan didapat disela-sela kayu mati, ditegalan, ditempat yang teduh dipekarangan rumah. Wow, wow, saya penasaran saat memperoleh informasi menu jamur kuping adalah hidangan yang lazim di Jambewangi namun tidak ada yang membudidayakannya, semua berlangsung alami mengikuti musim jamur, diambil dari semak-semak belukar. Saat kepasar saya terkejut jamur kuping kering seharga Rp.95.000/kg.

Pembaca yang budiman

Kanal maya atau internet saya jadikan pengembaraan yang utama mengobok-obok informasi semua tentang jamur, ketoko buku dan beberapa interview tentang teknik budidaya jamur kepada pembudidaya sukses yang sudah melampaui kita. Tidak ada informasi istimewa yang saya dapat, standarlah. Cuma saya ingat sebuah pepatah usang : Bagai cendawan tumbuh dimusim hujan.

Nah, ini dia. Berkelebat pertanyaan menggelitik dan muncul dibenak saya, mungkinkah bercocok-tanam jamur bisa dilakukan warga desa Jambewangi ? bisakah dengan sedikit sentuhan tekhnologi terutama jamur kuping dilakukan disini, dan menambah sedikit tambahan pendapatan wong ndeso.

Jambewangi adalah desa sejuk, mayoritas penduduk bertani sawah, subur, agraris, disparitas suhu stabil di kisaran 22-30C, sedikit saja hujan laron-laron beterbangan mengerubuti sinar lampu diteras rumah penduduk dalam jumlah yang ekstrim, laron pun jadi nutrisi tambahan untuk ikan lele, ia tho !

Di Indonesia, kurang lebih 70.000 spesies jamur, baru beberapa yang sudah dibudidayakan. Volvariella (jamur padi), leurotus ostreatus (jamur tiram), auriularia politricha (jamur kuping), lentinus edodes (jamur shiitake), champignon (jamur kancing) dan ganoderma lucidum (jamur ling-zhi) sudah banyak dibudidayakan oleh para petani.

Nutrisi

Jamur banyak mengandung gizi diantaranya tiamin (Vit B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (Vit C) biotin, mengandung mineral K, phospor, Ca, Cu, Mg dan mikro elemen lainnya. Senyawa-senyawa yang berkhasiat yang terdapat pada semua jenis jamur yaitu lentinan (kolesterol darah dan penurun gula) beberapa warga desa Jambewangi meyakini khasiat jamur kuping sebagai penguat tulang dan obat pegal linu. Jamur ling-zhi dikenal memiliki banyak zat pemusnah berbagai penyakit seperti antikanker dan penggempur karsinogen.

prospek dan kemudahan usaha jamur kuping

  1. Lahan, Kebutuhan lahan tidak perlu luas. (bisa nempil dibelakang dapur)
  2. Maintenance, perawatan tidak makan waktu sepanjang hari (tidak seperti buka konter pulsa, jasa tambal ban, ditungguin terus)
  3. Media, Bahan baku media mudah dicari dan murah seperti limbah serbuk gergaji, bambu, bekatul, sisa kayu.
  4. Waktu, waktu tanam singkat (ga seperti tanam sawit apa manggis, panennya lamaaaa)
  5. Value, harga jual tinggi (bisa dikeringkan untuk memperpanjang waktu tempo kedaluarsa)
  6. Nutrisi, memiliki gizi tinggi dan berfaedah untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.
  7. Modal, tidak dibutuhkan modal yang besar, (dimana ada kemauan disitu ada jalan)
  8. Iklim, Jika suhu udara panas tentu ada tambahan alat untuk mengatur agar suhu disesuaikan dengan habitat jamur, ingat pepatah lama, bagai cendawan tumbuh dimusim hujan, tepat menggambarkan untuk menganalisa memulai usaha ini.

Keterangan> Saya tidak membahas teknis berkebun jamur dan menampilkan data pasar (supply and demand) takut salah karena bukan praktisi jamur, browsing aja di mbah gugel (jadi domainnya sang sukses aja dech)

Tujuan content ini dibuat menekankan dan menggali prospek bisnis jamur khususnya didesa asal istri saya tercinta. Ceiyee.

Akhirul kata, warga yang berdomisili di Jambewangi atau desa sekitarnya bisa memanfaat kebaikan alam desa ini untuk ber- investasi disegmen jamur kuping. Jika anda belum tahu tentang mushrom knowledge alias pengetahuan tentang jamur bisa melakukan benchmarking (kunjungan) terlebih dahulu kepada petani jamur yang sukses, klak-klik di internet, pinjam buku ke teman atau beli ke toko buku. Lengkapi pengetahuan anda dulu. Silahkan jika berminat menjadi investor di Jambewangi, insya Allah aparat desa dan warga akan meng-apresiasi potensi ini. Jangan lupa, aktivitas mencari referensi ga boleh lama-lama, ada satu pesan bijak dalam menerapkan sebuah bisnis plan, action  and istiqomah 

(mohon koreksi jika salah, thanks)

Gambar Jamur Ling-Zhi

lingzhi

Demikian naskah Petunjuk Budidaya Jamur Ling-zhi semoga bermanfaat

Tautan tentang jamur

Jamur Tiram Raksasa Berkat Hormon

keyword

pakan organik

enzim dan ozonizer

pakan alternatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>