«

»

Apr 11

Rahasia Pengawet Organik

Rahasia Pengawet Organik

Oleh Hadi Winarto

Rahasia Pengawet Organik atau bahan pengawet ini untuk di klik oleh para audiens didunia maya atas keprihatinan terhadap bahaya penggunaan bahan pengawet sintetis yang disinyalir banyak digunakan terhadap bahan makanan, kosmetik dan bahan pembuatan pakan ikan, ternak dan industri lainnya.

Dan yang paling menakutkan adalah penggunaan bahan pengawet kimia yang digunakan oleh industri olahan makanan. Dan yang lebih pelik lagi dimasyarakat level home industry penggunaannya tidak memiliki takaran yang jelas, semaunya, pokoknya asal tahan lama dan awet.  Penggunaan  seperti boraks dan formalin diberikan pada bakso, jajanan pasar, jajanan anak sekolah dan pedagang ikan, daging dipasar-pasar tradisional. Kondisi yang sangat menyeramkan. Cepat atau lambat kesemrawutan ini meng-kontaminasi satu generasi yang berfisik lemah, gampang diserang penyakit. Sangat mencengangkan, terlihat dikalangan diusia masih remaja banyak terjangkit berbagai penyakit langka jika dibandingkan 30-50 tahun yang silam, situasi ini tidak pernah terjadi.

Singkat kata, atas ketidakfahaman dari banyak pelaku home-made ini kami paparkan bahan yang bisa digunakan sebagai pengawet ikan, daging dan bahan yang mudah membusuk. Khusus untuk aktifitas pembuatan di di segmen agro-kultur dan agro-industri pemanfaatan bahan pengawet alami justru akan meningkatkan kualitas dan performa seperti pada pembuatan probiotik, pakan ayam, ternak, ikan dan lain-lain dan sebagainya.

Sidang pembaca, jika anda selesai membaca naskah ini, idealnya kita semua mensosialisasikan kepada semua pihak. Memang bahan pengawet berbasis tetumbuhan tidak sehebat pengawet kimia namun tidak salah dimulai dari kita yang sudah mengetahui agar meminimalisir dan meningkatkan komoditi herbal ke kasta yang lebih tinggi lagi

Ini dia bahan pengawet alami penghambat bahan makanan tidak cepat basi.

  • Kunyit, inilah bintangnya pengawet herbal yang handal, pengawetan apapun jangan lupa gunakan kunyit. Ada baiknya anda membuat tepung kunyit dan air kunyit serta simpan dilemari es anda. Secara ringkas jamu kunyit bermanfaat menghilangkan sisik yang muncul dikaki anda. Sungguh kunyit memiliki puluhan kebaikan. Silahkan searching di google banyak artikel dan kesaksian yang membahas tentang ragam kandungan kunyit. Mulai sekarang stand-by kan kunyit dirumah anda.
  • Gula pasir, gula tebu, gula merah (sudah diketahui)
  • Garam (sudah diketahui)
  • Gambir, nama asingnya Uncariae Romulus Et Uncus, kandungan katekine penyebab tanaman ini bisa digunakan sebagai pengawet yang mampu menggempur jamur perusak mikro-organisme.
  • Karagenan, biasa digunakan untuk bahan pengenyal mie dan bakso. Karagenan bagus digunakan sebagai substitusi pengganti boraks. Karagenan terbuat dari rumput laut (Eucha Sp).1 kg ikan yang akan diawetkan cukup berikan garam kasar sebanyak 20-25 gram dan 1 ons kluwak. Selama 4-6 hari ikan akan tetap segar. Biasanya ikan akan membusuk setelah 8-9 jam kemudian jika tidak diberi pengawet.
  • Buah kepayang, ambil biji kepayang kemudian diblender (giling) hingga menjadi tepung dan jemur selama 72 jam, tepung kepayang sudah bisa ditaburkan kepada ikan atau daging. Tepung kepayang ini juga mampu menahan laju bakteri pembusuk selama 4-6 hari. Berikan juga garam.
  • Chitosan, terbuat dari limbah kulit udang. Sekarang chitosan sudah banyak beredar dipasaran.
  • Kulit Kayu Manis, mengandung asam benzoat, sisi lain dari kulit kayu manis memberi aroma wangi (secara umum sudah diketahui)
  • Cengkeh, bunga cengkeh ideal sebagai pengawet, aroma bahan makanan jadi harum dan sedap.
  • Air ki, jerami dibakar, abunya direndam kedalam air selama 40-60 menit, saring. Air inilah yang dinamakan air ki. Air ki mampu membuat bahan makanan bertahan selama 40-50 jam. Cukup membantu.
  • Cuka (sudah banyak diketahui)
  • Lidah buaya (sudah diketahui)
  • Wortel (sudah diketahui)
  • Bawang putih, bersama dengan kunyit. Bawang putih sudah sejak zaman nenek dan kakek dijadikan primadona bahan pengawet sekaligus sebagai bumbu penyedap, peningkat gizi makanan keluarga. Kandungan alisin memberangus bakteri e-coli dan lainnya. Dikalangan klan kulit kuning, Tionghoa, Korea dan Jepang bawang putih wajib hadir didaftar menu makanan mereka. (koreksi klo penulis salah)

Lewat goresan yang penulis sadur dari berbagai literatur ini, dan kami sendiri sudah berbilang tahun memanfaatkan komponen diatas sebagai bahan bahan  pengawet, pembentuk aroma, sebagai probiotik dan antibiotik terutama pada pembuatan ransum pakan ayam organik sekarang ini. Dan kami menunggu seorang formulator menciptakan bahan pengawet alami terbaik.

Sungguh, harapan penulis pada postingan kali hanya menuju kesatu titik !

Mengajak bersama semua pembaca untuk mengkampenyekan, menggali potensi alam, meminimalisir penggunakan zat kimia yang berbahaya. Jika anda setuju dan bersedia, anda bisa mulai dari tetangga sebelah anda yang mungkin menggunakan boraks sebagai pengawet bakso, daging, sosis, nugget yang menggunakan takaran dan komposisi tanpa SOP (standard Operating Procedure)

Terimakasih, Bondowoso, 11 april 2015

Usai mensubmit manuskrip diweb ini, sayapun meng SMS 1 orang kolega saya dan saya berniat saban hari 1 sms terkirim sekaligus menautkan ikatan silaturahmi agar selalu terpatri.

Berharap dia merantaikan pesan singkat saya tentang multi-fungsi pengawet herbal, umpama 100 orang pembaca mengkampanyekan, gerakan massal akan kebaikan kunyit dan sejenisnya siapa tahu kelak agrobisnis akan menjadi garda di pintu gerbang kegemilangan negri tercinta ini.

Alhamdulillah.

Bacaan Umum

Organik Untuk Kehidupan

Portal Bisnis Agro

Revolusi Mental Agrobisnis

Pesta Seks Bebas

Pelatihan Budidaya Ayam Dan Ikan

Persilangan Ikan KOI dan Nila

Pakan Bebek Dari Ciamis

Membiakkan spirulina Itu Mudah

 

IMG_20141011_213639

tumpukan buku

PP booster fish

Cetuskan ide-ide anda dalam sebuah catatan tertulis atau jika anda memiliki gagasan apa saja, bisnis atau membentuk komunitas segera lakukan eksekusi.

Rahasia Pengawet Organik

link

pakan organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>