«

»

Jan 03

Rowo Gabus, Obyek Wisata Ungkalan Jember

Rowo Gabus, Obyek Wisata Ungkalan Jember

Oleh : Anas Petani Organik

Wisata Alam  Di Ungkalan Jember

Rowo gabus, berada didusun terpencil tengah hutan yaitu dusun Ungkalan desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Jawa Timur.
Rowo gabus diambil dari sebutan masyarakat pada mangrove yang ada disana. Mereka mengenal jenis mangrove ini sebagai kayu gabus, mangrove yang ada dirawa ini berjajar seperti jarum menjulang setinggi 50-70 cm dan kayunya ringan seperti gabus.. Dari ini masyarakat menyebutnya sebagai rowo gabus.

Tepat berada dibawah gunung Cangaan dan ditepi pantai Cangaan. Ada keunikan tersendiri dari rowo gabus, dimana ketika musim hujan rowo gabus menjelma menjadi muara kecil mengalirkan air dari hutan ke laut.
Tapi dimusim panas rawa yang mengalirkan sungai dari hutan kelaut itu kemudian sepenuhnya menjadi rawa yang mempesona. Dengan panjang 750 m dan luas 1,3 ha.
Rowo gabus memiliki keindahan alam berupa mangrove, rawa, gunung, dan langsung bersanding dengan pantai cangaan. Rowo gabus dikelola oleh masyarakat desa hutan yang selama ini tertindas oleh korporat, beberapa masyarakat bersepakat mengelola wisata alam ini dan berharap nantinya akan menjadi penawar racun devide at impera.

Rowo gabus memiliki fasilitas :

– Perahu
– Dermaga sederhana
– Tempat duduk bernuansa alam
– Spot foto yang memanjakan pengunjung
– Kawasan camping dengan nuansa laut gunung dan rawa. (Untuk lokasi camping bagi pegawai, karyawan, pelajar
dan pramuka menjadi dan referensi terbaik di Jember karena ketersediaan tenda, air bersih yang melimpah dan
jaminan keamanan bagi peserta.
kemah.
– Managemen Rowo Gabus menerapkan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Fasilitas Dan pariwisata ini terus dikembangkan oleh masyarakat, diharapkan ke depan akan ada:

1. Museum benih lokal sebagai manifestasi dari pertanian masyarakat ungkalan yang sudah sebagian besar petani ungkalan menggunakan benih lokal, dan pertanian alami.

2. Wall climbing mengingat tebing yang berada pas disamping rawa sangat berpotensi.
3. Pawon pangan lokal, yang akan mengenalkan betapa makanan lokal dan alami sangat baik untuk kesehatan
4. Kincir angin pembangkit listrik/panel tenaga surya, mengingat kawasan wisata Rowo Gabus jauh dari pemukiman dan jangkauan listrik
5. Agro wisata, sudah ada akan terapi musiman seperti semangka, beberapa tanaman buah sudah mulai ditanam oleh masyarakat pengelola.

6. Kehadiran anda dirowo gabus turut menjadi penawar racun devide at impera dikawasan hutan Sabrang dan mempercepat pembangunan wisatanya.

Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Bapak Anas Hp. 081234089156

Terima kasih

Rowo Gabus, Obyek Wisata Ungkalan Jember

rowo1

rowo2

rowo3

Rowo Gabus, Obyek Wisata Ungkalan Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>