«

»

Aug 29

Rumput Gajah Thailand Untuk Sapi

Rumput Gajah Thailand Untuk Sapi

Oleh : Hadi Winarto

Sapi dan daging sapi sudah menjadi komoditi yang paling dibutuhkan dunia setelah ayam. Produk-produk sapi dan turunannya antara lain selain daging adalah produksi susu, produksi gelatin, krupuk kulit sapi, produk olahan dalam kaleng (corned beef) dan banyak lagi.

Rumput Gajah Thailand Untuk Sapi

Ketertarikan dalam beternak sapi karena biaya pakan sapi cukup mudah diupayakan karena pakan sapi yang utama adalah komponen hijauan.

Banyak jenis rumput (hijauan) saat ini yang mulai berkurang ketersediannya adalah jerami yang bisa diberikan kepada sapi atau pakan ternak ruminansia lainnya seperti kerbau atau lembu, kambing atau domba, kuda, kelinci dan babi.Hijauan terunggul tentu saja adalah tumbuhan alfalfa (kadar protein 32%) dan tanaman air azolla (kadar protein 23,4%)  namun petani di Indonesia masih sulit membudidayakan secara massal karena berbagai alasan. Beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan membudidayakan rumput alfalfa digantikan dengan rumput yang banyak dan mudah didapat. Rumput berkualitas untuk sapi dikenal dan disebut rumput gajah. Rumput gajah memiliki keunggulan yaitu mudah tumbuh dan daya tumbuhnya cukup pesat tidak tergantung musim atau mapu tumbuh sepanjang tahun dan biaya maintenance (perawatan lebih murah).

Varietas rumput gajah yang paling dikenal dan yang terbaik untuk ternak ruminansia adalah :

  1. Napier Taiwan
  2. Napier India
  3. Pakchong 1 Thailand

Rumput gajah yang terbaik diantara ke-3 keatas adalah pakchong 1 Thailand. Jenis ini mampu memproduksi rumput hingga 200% dibandingkan rumput gajah lainnya. Secara umum rumput gajah bisa dipanen 2-3 kali dalam setahun. Jika luas lahan 10.000 m2 (1HA) rumput gajah bisa memberi pakan untuk 18-20 ekor sapi maka rumput gajah yang berasal dari negeri gajah putih Thailand ini mampu memberi pakan untuk 30 ekor sapi untk konservasi pakchong 1 ini seluas 1HA.

Menanam rumput gajah pakchong 1 ini bisa dijadikan bisnis penyediaan hijauan untuk peternak dan jika dihitung dibandingkan menanam komoditi lainnya rumput pakchong 1 bisa diproduksi rumput 450-600 ton rumput dan lebih baik dibandingkan dengan rumput gajah biasa yang memproduksi 275-350 ton.

Bagaimana ?, anda tertarik ber-investasi dan menanam rumput gajah untuk ternak sapi anda atau anda sebagai penyedia pakan hijaun bernama rumput gajah ini ?, utamanya dari varietas pakchong 1 dari negri jiran ini.

chong hijau chong ikat chong ikat2

Gambar atau foto diatas adalah hasil download dari internet berupa tanaman rumput gajah jenis pakchong 1 di perkebunan di Thailand.

Silahkan anda memulainya. Anda tinggal mengisi komponen yang dibutuhkan dalam rangka persiapan menanamnya :

  • Sewa lahan dan luas lahan yang dibutuhkan
  • Mempelajari teknik budidaya rumput gajah dan syarat hidup varietas pakchong 1 Thailand ini seperti pH tanah, managemen air, sistem penanaman, ketinggian dari permukaan laut (dpl) dll.
  • Gaji SDM (human resources)
  • Pembelian benih atau bibit
  • Perangkat bercocok tanam yang dibutuhkan
  • Memperhitungkan pemasarannya (marketing)
  • Pemberian dan menghitung biaya pupuk, pestisida dan antibiotik.
  • Biaya perawatan
  • Managemen Keamanan
  • Pelajari faktor-faktor penyebab kegagalan atau kerugian.

Terima kasih

Artikel terkait dengan Rumput Gajah Thailand Untuk Sapi dibawah ini adalah

Mengenal Azolla

Memaksimalkan Nilai Kandungan Sekam

Bisnis Pakan Ternak Ruminansia Masa Depan

Membedakan Bekatul Asli Dengan Yang Palsu

Artikel diatas sudah diedit oleh sahabat sejati Drs. Sahrial Chaniago di Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>