«

»

Sep 28

Sarimu Kupetik Kini

Sarimu ku petik kini

TRI RISMAHARINI

Disadur dari : kolom-biografi.blogspot.com dan berbagai sumber

Nama                                    : Tri Rismaharini

Ttl                                           : Kediri, 20 Nopember 1961

Pendidikan                         : SD Negeri di Kediri

: SMP Negeri 5 di Surabaya

: SMA Negeri 10 di Surabaya

: S1 Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya,

: S2 Manajemen Pembangunan Institut Teknologi Sepuluh November

Jabatan                                                : Walikota Surabaya

Jabatan sebelumnya      : Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya

risma tri

Wanita yang menjabat sebagai Walikota dikota terbesar kedua di Indonesia ini belakangan hangat menjadi perbicangan di media karena gebrakannya dalam memimpin kota Surabaya, mengukir prestasi hebat menjadi salah satu walikota terbaik di Indonesia dan juga di dunia. Kota Surabaya sekarang menjadi kota yang bersih dan juga teratur dibawah pimpinannya.

Tri Rismaharini yang merupakan Walikota Surabaya dimana ia menjadi salah satu pimpinan terbaik di Indonesia. Ia menjabat sebagai Walikota Surabaya sejak tahun 2010, ia menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya. Ia di usung oleh Partai PDI P, sebelum menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya.

Mulai menjabat sebagai Wali Kota Surabaya pada tahun 2010, Surabaya telah mengalami banyak perubahan sejak dipimpinnya. Kota Surabaya menjadi tertata, lebih hijau, asri dan bersih.
Taman-taman kota yang di bangun oleh Risma antara lain :

  1. Taman Bungkul yang terletak di Jalan Raya Darmo. Taman tersebut memiliki konsep all in one entertainment park.
  2. Bundaran Dolog.
  3. Taman buah Undaan.
  4. Taman di Bawean.
  5. Alur pedestrian dengan konsep modern.

Belum lama ini beredar isu bila Risma akan mengundurkan diri sebagai Wali Kota Surabaya.
Banyak hal yang melatar-belakangi rencana Risma untuk mengundurkan diri dari jabatannya, mulai dari pelantikan wakil walikota yang tidak sesuai prosedur hingga masalah pembangunan tol.

Hampir sebagian warga Surabaya menolak rencana pengunduran diri Risma, karena ia di anggap telah membawa banyak perubahan baik untuk kota Surabaya. Isu pengunduran diri Risma mulai surut ketika Ketua Umum PDI P,Megawati Soekarno Putri di damping Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo datang ke Surabaya dan meminta Risma untuk terus melanjutkan tugasnya sebagai Wali Kota Surabaya hingga masa jabatannya selesai pada September 2015.

Berikut beberapa penghargaan yang sudah diterima setelah Surabaya di pimpin oleh Risma,

  1. Meraih tiga kali piala Adipura, pada tahun 2011, 2012 dan 2013, untuk kategori kota metropolitan.
  2. Kota terbaik se- Asia Pasifik atas semua partisipasinya pada tahun 2012 versi Citynet,
  3. Keberhasilan pemerintah kota dan dukungan masyarakat dalam mengelola lingkungan.
  4. Pada tahun 2013, kota Surabaya meraih penghargaan tingkat Asia-Pasifik , Future Government Awards 2013 dalam dua bidang sekaligus yaitu data center serta inklusi digital, ia mampu menyisihkan 800 kota yang ada di seluruh Asia- Pasifik.

Risma menikah dengan Ir. Djoko Saptoadji dan dikaruniai dua anak bernama Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji. Beliau sangat dicintai oleh warganya karena membawa kemajuan yang positif bagi kota Surabaya. Dengan segala pertentangan dan dukungan yang di dapat dalam memimpin kota Surabaya. Sekarang ini kota Surabaya dapat menjadi berubah menjadi salah satu kota besar yang bersih dan nyaman bagi masyarakatnya.

Selalu terlihat, pemimpin yang dihujani oleh berbagai penghargaan dan dicintai rakyatnya adalah mereka-mereka  yang berfikir sederhana, bertindak sederhana, menolak kemewahan, menolak fasilitas berlebihan. Seorang pemimpin yang namanya terukir abadi dalam tinta sejarah selalu meletakkan nilai nilai kemanusiaan dan mempersembahkan jiwa dan raganya kepada bangsanya.

Bung Hatta, Hoegoeng, Agus Salim, Kartini, Baharuddin Lopa

dan banyak lagi contoh lainnya. Meski jasad tak lagi ada, namun teladannya tetap bersemayam di hati rakyatnya dan menjadi kebanggaan bangsa.

PP booster fish

Sarimu ku petik kini

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>