«

»

Sep 09

Sekilas Tentang Enzim Amilase

Sekilas Tentang Enzim Amilase

Enzim ada ribuan jumlahnya, amilase adalah salah satu jenis enzim penting dibidang bioteknologi. Amilase
dapat diperoleh dari berbagai sumber nabati, hewani dan mikroorganisme.

Bahan enzim amilase murah seperti sekam, molase, jagung, ampas tapioka dll. Enzim amilase berperan memperkaya nutrisi untuk mengoptimalkan mutu sumber makanan, digunakan sebagai suplemen antara lain : pati, sukrosa, laktosa, maltosa, dekstrosa, fruktosa, dan glukosa. Sebagai sumber nitrogen antara lain: pepton, tripton, ekstrak daging, ekstrak khamir, amonium sulfat, urea dan natrium nitrat.

Peran enzim amilase

Saliva (air liur/ludah) mengandung enzim amilase. Enzim amilase bekerja memecah karbohidrat rantai panjang seperti dekstrin dan amilum, akan diurai menjadi molekul maltosa yang lebih sederhana. Saliva berguna untuk mencerna makan agar lebih halus. karena hanya sebagian kecil amilum yang dapat dicerna dalam mulut karena makanan singgah sebentar dirongga mulut. Dengan proses mekanik, makanan ditelan selanjutnya memasuki lambung.

Amilase dalam pembuatan roti untuk memecah gula kompleks seperti pati menjadi gula. Ragi
memakan gula dan mengubah menjadi alkohol dan CO2. Enzim amilase ditemukan secara alami dalam sel ragi. Dalam teknik pembuatan roti modern telah menyertakan enzim amilase ke dalam roti untuk memperbaiki taste dan proses pembuatan roti lebih cepat dan praktis.
Untuk mencerna karbohidrat kompleks (pati) dibutuhkan enzim amilase dan pada bayi memiliki enzim masih sedikit. Bila bayi diberikan makanan yang mengandung pati, bayi belum dapat mencerna dengan baik dan berakibat diare karena air liur pada bayi sebagai sumber amilase belum berfungsi dengan baik.

Sebagai antibiotik alami.

Kekurangan enzim dalam tubuh, pencernaan sulit mengkonsumsi makanan tertentu. Gangguan kekurangan enzim kronik menyebabkan penderita mengalami malgizi dan daya tahan tubuh menurun.
Jika anda tertusuk paku berkarat, kunyah saja daun singkong lalu oleskan pada luka. Enzim amilase turut berperan menetralisir racun dan mematikan bakteri jahat.
(Tentang peran daun singkong kita menunggu tanggapan sahabat Dr. Suparno, Jakarta. Mas Bagas Solo, Mas Wildan Jombang, Bang David Palembang)

Kuliner

Sagu untuk produksi kerupuk kurang bagus dan hasil adonan jadi bantat karena banyak mengandung amilopektin. Tepung terbaik untuk kerupuk tetap tapioka karena kandungan amilase nya paling banyak dibanding jenis tepung lain. Enzim amilase lah yg membuat adonan tepung menjadi lentur, mudah diolah dan gurih.

Well, bagaimana dengan peran amilase terhadap ransum ikan atau ternak ???
Amilase juga berkontribusi turut meningkatkan kadar protein pakan,
benarkah ???

 

kolam baru

Sekilas Tentang Enzim Amilase

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>