«

»

Oct 10

Siapa Yang Hebat : Pele atau Maradona

Siapa Yang Hebat : Pele atau Maradona

Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Oleh : Agus Mawardi

Siapa pemain terbaik sepak-bola No.1 sepanjang masa menurut anda ? Pele ? Maradona ? Messi ? Puskas ? Marco Van Basten ? Platini ? Eusebio ? Ronaldo ? Cruyff, Beckenbauer ? Gerd Muller ? Lembaga resmi FIFA maupun pengamat profesional dan jutaan orang berbeda pendapat, masing-masing mengeluarkan daftar dengan mencantumkan sejumlah prestasi baik kepada pemain yang dianggap terbaik, baik jumlah gol yang diciptakan, jumlah assist, jumlah pertandingan yang diikuti, kualitas penyelenggara dan berbagai aspek penilaian.

Pele

Hasil terbanyak dari jajak pendapat selama ini Pele yang paling banyak dianggap sebagai pemain terbaik. Menilik dari jumlah gol yang diciptakan, kemampuan menendang dengan menggunakan kaki kanan dan kiri sama baiknya, Pele juga piawai sebagai penyundul yang akurat, ahli dalam drible dan tendangan salto.

Puskas

Ferenc Puskas juga banyak dipilih, namun oleh anak-anak zaman sekarang Puskas tidak dikenal, Puskas dianggap sebagai striker sejati, sentuhan akhir atau mencetak bola kegawang lawan adalah spesialisasinya.

PUSKAS FOOTBALLER

Ronaldo

Ronaldo pada masa jayanya pemain yang banyak menimbulkan ketakutan dibarisan belakang lawan, Ronaldo bergerak bak penyelinap dan bisa berada dimanapun.Lincah, berotot, lugas dan mampu memberi nyaman terhadap kawan-kawannya.

Maradona

Gempal, bertenaga dan kharismatik, sebagai gelandang serang mampu menimbulkan kekacauan, akurasi umpan, tendangan bebas yang terukur dan mampu mencetak dari berbagai sudut dan dribbling yang sempurna dipertontonkan dipiala dunia 1982 ketika melewati 9 pemain dan mencetak gol.

Eusebio

Eusebio, diberi julukan “The Black Panther” adalah pemain besar pertama yang lahir di Afrika. Eusebio dikenal dengan Portugal di Piala Dunia 1966 di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan 9 gol.

Marco Van Basten disebut sebagai pesepakbola cerdas, gol-gol indah dan sulit dipercaya dipertontonkan Basten disetiap pertandingan. Total Football dimainkan sempurna oleh Basten, didampingi tandemnya, Ruud gullit.

Muller

Der Bomber adalah julukan yang melekat pada Muller,  mencetak 401 gol dalam 441 pertandingan. Karier cemerlangnya  saat merumput sebagai striker di Bayern Munich.

Messi

Messi adalah ikon sepakbola cepat, sepakbola cepat dibutuhkan skill dan akselarasi yang prima, dalam hal ini Messi tiada tanding tiada banding, lihatlah betapa gol-gol yang masuk dijaring lawan terlihat biasa namun tidak terduga dan hasil dari kondisi yang membingungkan dikotak pinalti lawan. Jika striker lain mencetak goal atas sebuah peluang, Messi ahli memciptakan kemelut, Messi menikmati kerumunan lawan dan meliuk-liuk penuh kejutan.

Untuk Negara sebagai tambang penghasil pemain kelas dunia, Brazil tidak terbantahkan, bola adalah agama baru di Brazil, menjadi pelatih sepak bola Brazil lebih berat ketimbang jadi mentri disana dan darah bola akan terus mengalir di tubuh rakyat brazil. Talenta-talenta baru bermunculan tidak ada habis-habisnya.

Nah, siapa pemain hebat dan terbaik menurut kami ?, kami memilih Maradona sebagai pemain no.1.

Ini alasannya :

Maradona mengantarkan klub kecil Napoli menjadi juara. Pada saat itu pemain sekelas Maradona barangkali tidak akan mau dipinang Napoli. Tapi Maradona seperti mengejar takdirnya di Napoli, kebintangan Maradona membawa Napoli duduk disinggasana emas di musim kompetisi liga utama Itali. Tanpa didampingi pemain bintang Maradona seolah berjalan sendirian menjadikan Napoli dipuncak ketenaran dan kekaguman.

Di tim nasional Argentina  pada waktu itu juga sedang krisis pemain bermutu sepeninggal Oswaldo Ardiles, Mario Kempes. Maradona memperlihatkan semua bakatnya, fisik yang perkasa, Argentina mempermalukan Inggris, menaklukkan 9 pemain Inggris dari garis belakang, goal tercipta dengan sangat tidak diduga oleh siapapun.

Maradona kuat karakter kepemimpinannya, jika Pele dikenal  pemain yang komplit ketrampilan, dari sisi kepemimpinan Maradona 1 strip lebih unggul. Pendapat lainnya mengatakan pada waktu itu Pele dikelilingi banyak bintang di Brazil sehingga 2 faktor ini yang sebagian memilih Maradona dibanding Pele.

Aturan offside belum diberlakukan saat Pele menjadi bintang, jika belum ada aturan offside memudahkan pemain masuk ke wilayah pertahanan lawan tanpa menggiring bola.

Maradona adalah seorang individualistis ? demikian banyak orang menilai. Tapi bagi penggemar Maradona memang harus bertindak individualistis karena dia merasa kualitas para pemain ditimnya tidak sepadan dengannya baik di tim nasional maupun di Napoli saat itu.

Secara fisik Maradona lebih ditakuti lawan, keuntungan fisik ini yang membantu Maradona mengusai bola lebih banyak daripada pemain lawan.

Tentang Napoli

Juni 1984, Napoli memecahkan rekor transfer Maradona dari Barcelona seharga 12 juta lira.
jerih payah manajemen Napoli berbuah manis. Mengisi peringkat 3 1985/86, Napoli meraih dua gelar juara, serie A dan Coppa Italia di musim berikutnya.
Atas jasa Maradona, merebut Piala UEFA  1988/89, dan titel Serie A kedua di musim 1989/90.
Keberadaannya sebagai penentu sukses Napoli menguasai Serie A kala itu. Dan diberi gelar ‘Dewa-nya penduduk Napoli’.

Setelah kami menempatkan Maradona sebagai yang terbaik 1 dan Pele sebagai yang terbaik 2, pemain lain kami tempatkan sebagai lapis ketiga pemain terbaik dunia seperti catatan kami diatas dan pemain-pemain seperti David Beckam, Ronaldinho, Kaka, Kempes, Zidane, Bagio, Cristiano, Rivelino, Ronaldo dan lain-lain. Mereka semua adalah bintang-bintang yang menghiasi khasanah dunia sepakbola menjadi dinamis.

Indonesia ? suatu saat, kelak akan lahir team idaman. Tentunya harus ditangani oleh lembaga yang terbebas dari campur tangan politik. Ditangani oleh orang-orang yang cinta bola, sementara kegagalan demi kegagalan karena para pengurusnya belum maksimal,  beberapa pengurus mulai dari Kementrian Olahraga hingga Pengurus PSSI diantara mereka terjerat kasus hukum .

Sepakbola Indonesia memang aneh, jika di Eropa para pemainnya sangat terkenal, di Indonesia yang terkenal justru pengurusnya. Oh.

Sekian dan terima kasih. Salam Olahraga

maradona

 

Baca juga

Teknologi Angkasa : Apollo XI

Humor Memancing

Subak, Irigasi Ala Bali

Arti Firasat Mimpi Dan Kedutan

Modus Korupsi di Pelayanan Publik

Toleransi Orang Minang

Indrasakti, Kesultanan Riau Lingga

Gaya Hidup Sehat Dengan Buah

Siapa Yang Hebat : Pele atau Maradona

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>