«

»

May 02

Sinyal Bisnis Budidaya Belut Sawah

Sinyal Bisnis Budidaya Belut Sawah

Oleh Hadi winarto

Belut Sawah

Makhluk hidup diair tawar (aquaculture) menyimpan jutaan potensi hajat hidup orang banyak. Salah satu spesies biota air tawar adalah belut, belut sawah bisa dijadikan kegiatan bagi budidayawan-budidayawati. Lihatlah dipasar-pasar tradisional dan pasar tumpah banyak para ibu dipesani para suami yang minta dibuatkan menu belut panggang, namun yang didapat hanya kecewa, belut sawah sulit didapat. Sebagian permintaan suami karena dihubungkan dengan mitos kehebatan kandungan belut yang dipercaya sebagai obat lelaki. Diluar mitos itu fakta nyata belut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, lysine, methionine dan decarbonat phospor yang tinggi memicu permintaan akan menu belut dimeja makan meningkat tajam. Ikan-ikan lautpun kalah dengan belut kandungan nutrisinya.

Belut, lebih gurih dari ikan air tawar lainnya, ekstrak minyak belut didaulat membantu kesehatan organ jantung, mencegah kanker payudara. Belut asap oleh suku melayu, seluruh daratan Sumatra, Malaysia, Myanmar dan Vietnam  menjadi industri olahan yang lezat. Sambel goreng + belut asap + petai goreng, beranikah anda menolak hidangan eksklusif ini ?.

Sifat belut dan habitat

Nah, bagi kaum agro kini saatnya anda bisa terjun menekuni peluang bisnis ini, secara umum teknik budidayanya cukup mudah, diantaranya :

Belut hewan hemaprodith diusia 5-6 bulan (berganti kelamin dari betina menjadi jantan) pH air ideal 6,5-7,5, kadar oksigen 3, suhu udara 25-30 C, media paranet, iklim tropis disukai belut, berlumpur, ideal ketinggian lahan 300 dpl, belut mampu dilakukan tebar padat hingga 20-25 kg per M3 hingga panen. Pakan bisa menggunakan pakan pabrik, limbah ikan, lalat, bekicot, keong mas, cacing tanah, belatung, jentik, kutu-air dan hewan kecil lainnya. Belut butuh ransum pakan dengan kandungan protein 45%.

Kembali kemasalah khasiat ! berhubung teknologi informasi makin mudah diakses, otomatis informasi tentang keunggulan belut menjadikan makhluk licin ini mengorbit melangit sebagai pelengkap nutrisi. Diramalkan belut akan berbaris sejajar dengan nutrisi hewani yang sudah terdahulu eksis seperti lele, nila, bawal, gurami, ikan mas dan lain-lainnya. Para eksportir tak berkutik karena quota pasokan belut untuk mancanegara tidak pernah terpenuhi. Alam tak lagi ramah, belut  liar tangkapan alam mustahil diharap. Kebutuhan belut asap untuk Eropa 15 ton perbulan, belut segar lebih kurang 1500 ton perbulan untuk pasar dinegara-negara Asia menunggu tangan dingin jagoan agro budidaya belut sawah ini.

Harga ditingkat peternak saat banjir belut sudah Rp.40.000-Rp.45.000,- Waktu paceklik belut terjadi pengepul masih bergembira ria karena harga Rp.60.000 masih bisa dijual dengan mudah seharga 75.000.

Pengolahan

Olah belut bisa dengan cara difillet, diasap, dipepes, dipanggang, direndang dan dikemas dalam kaleng. Karena akselerasi pasar butuh cepat cara tadi tidak sempat lagi. Luaris-muanis.

Anda minat terjun berlumpur bersama belut ?, seperti biasa saya selalu memberi tips :

Tekun adalah payung utama, mulailah dengan kolam kecil dulu, pelajari dengan seksama apa maunya sang belut itu, kondisi dilokasi A tidak sama penanganannya dengan lokasi B, pelajari kebutuhan pakan belut yang tersedia dilingkungan anda, bagaimana cara mengatasi bakteri, jamur dan penyakit, membuat managemen kolam, ketersedian air, bagaimana marketingnya. Jangan terbuai oleh angin syurga dan jangan menelan mentah-mentah seperti buaian tulisan ini.

Seperti dalam tulisan-tulisan saya terdahulu, Industrialisasi memang menguntungkan namun bisnis di agrobisnis tak lekang oleh panas, tidak lapuk oleh hujan. Tuhan sudah menyediakan alam ini dan kita harus seksama dan bijak.

Mohon maaf dan terima kasih sudah berkunjung, Have a nice day.

Opini :

Saya lebih menyukai kukus pepes belut, belut dibalur dengan bumbu pedes + belimbing wuluh, tidak dibakar, tidak di goreng. Sejujurnya saya termakan oleh mitos diatas. Hmm.

HOT NEWS

Kami tak menduga, dari 200 Artikel yang kami rilis, ada sebuah naskah yang terbaik dan dianggap paling memberikan pencerahan oleh peternak di seluruh Indonesia bahkan diapresiasi oleh para pengunjung dari Amerika, Australia, negara-negara Asia dan benua Eropa. Jika para pembaca belum membacanya silahkan klik judul ini TRIK MENINGKATKAN KWALITAS NUTRISI PAKAN

 

belut1   belut2

Baca juga

Trik Membuat Hormon Metil Testosteron

Organik Untuk Kehidupan

Website Agro Terhebat

Enzim Untuk Ayam organik

Lele gemuk Dan kenyal Karena Keju

Merica Dan Sex

Menguak Misteri Lele

Sinyal Bisnis Budidaya Belut Sawah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>