«

»

Sep 18

Sistim Penyiponan sederhana

kolam rufin2  kolam rufin

Sistim Penyiponan sederhana

Tujuan utama membuat media penyiponan dikolam segmen pembesaran adalah membuang air yang berada didasar kolam. Seperti diketahui kalau sisa-sisa pakan yang tidak dimakan oleh ikan atau feses/kotoran ikan dalam waktu 12 jam akan menjadi amoniak atau racun yang akan menurunkan kualitas air dan air sebagai habitat ikan menjadi faktor penghambat utama bagi pertumbuhan ikan.

Banyak peternak meyakini pemakaian media sipon berdampak bagus bagi pertumbuhan dan kesehatan ikan. Klaim beberapa peternak Lele mengatakan pemakaian media penyiponan akan menurunkan FCR hingga 0,1, bahkan Pak Slamet Mulyono (hp: 082143265178) dari Bondowoso sistim sipon menjadi andalannya. Tentu juga harus memperhatikan variabel kainnya seperti : Pemilihan benih, managemen pakan, waktu grading,  pemberian suplemen, antisipasi terhadap anomali cuaca ekstrim dan lain-lainnya.

kolam rufin

kolam rufin2

Seperti apa sipon itu ?

Sipon bisa dibuat dari paralon yang ditaruh didasar kolam, paralon dilobangi dibagian bawahnya, lobang dibuat lebih kecil dari ukuran benih yang ditebar, jarak lobang satu ke lobang lainnya berjarak 5cm, saat lubang pengeluaran yang dihubungkan diluar kolam saat dibuka akan menimbulkan grativasi didalam kolam, air akan menyembur deras keluar dari dasar kolam. Secara otomatis kotoran-kotoran yang berada didasar kolam akan keluar dan menimbulkan bau busuk menyekat. Bau busuk yang muncul pertanda alat sipon bekerja dengan baik karena nitrat, nitrit dan feses ikan berkurang.

Semakin banyak paralon yang ditaruh semakin baik karena semakin banyak amoniak yang keluar.

Sistim penyiponan ini juga berguna untuk meningkatkan kadar oksigen.

Daya dukung agar berbudidaya perikanan selain memakai penyiponan (kolam central drain) dibutuhkan penguatan sistem di penanganan lain

– Sistem aerasi, pengaktifan aerasi pada malam hari disamping meningkatkan kadar oksigen. Aerasi malam hari lebih berguna jika sumber air dari persawahan. Aktifitas pergantian air malam hari menghindarkan zat kimia yang masuk karena petani tidak beraktifitas (tidak menyebarkan pupuk kima, pestisida dan fungisida) Kegunaan aerasi lainnya adalah untuk meningkatkan suhu air. pada ikan yang menyukai air hangat (warm fish) suhu udara dingin malam hari memperlambat pertumbuhan.

– Memiliki tandon persiapan untuk pergantian air. Kolam persiapan atau tandon berguna karena air sudah ditreatment dan diberi vitamin dan probiotik terlebih dahulu.

– Perhatian serius lainnya adalah disegmen managemen pakan, jika pakan berasal dari pakan buatan sendiri (alternatif) agar dijaga higienitas, syarat asupan gizi yang dibutuhkan dan teknik pengolahan yang baik agar terhindar penguapan gizi.

(baca artikel = pakan bebek dari ciamis, daftar gizi ternak anda,  cara membuat pelet apung dan rahasia pengawet organik)

Begitulah, ternyata managemen air yang sederhana menjadi lompatan besar menuju sukses beternak lele di segmen pembesaran. Konten ini, buku-buku agrobisnis, mengikuti seminar dan pelatihan, browsing di internet, benchmarking (anjangsana) tidak akan menjawab dan menjamin anda akan sukses. Faktor puncak kesuksesan adalah pengalaman, lakukan eksperimen dikolam anda sendiri karena wilayah A berbeda pengananannya dengan wilayah B, C atau D.

See You

Terima kasih,

Ingin mengetahui harga ikan lele hari ini, kunjungi

Harga Ayam Hari Ini

Baca juga

Lebih Baik mencegah daripada mengobati

sssssssss   PP booster fish

Sistim Penyiponan sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>