«

»

Nov 16

Susu, Mentega dan Keju

Susu, Mentega dan Keju

Oleh : Hadi Winarto

Tiga bahan penting Susu, Mentega dan Keju, bagi kelangsungan hidup umat manusia ini sering dipertanyakan bagaimana proses pembuatannya dan lain-lain, ikuti pembahasannya lebih lanjut.

Susu

Susu adalah zat cair yang diperoleh dari sumber hewani dan nabati. Sumber hewani berasal dari binatang menyusui, sumber nabati berasal seperti kedele dan jagung, masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Pemanfaatan susu yang terbanyak dari sapi yang pengambilannya dengan jalan diperah. Susunan kandungan susu sapi terdiri dari : Air 87%, casein 2,8%, laktosa 5%, lemak 4%, albumin 0,5%, mineral 0,7%.

Susu mudah sekali rusak apabila cara cara penyimpanannya tidak layak. Memiliki rasa manis dan wangi, manis dihasilkan oleh kandungan laktosa dan rasa wangi dihasilkan oleh lemak. Susu secara luas dibutuhkan untuk proses pertumbuhan terutama anak-anak. Selain untuk dikonsumsi sebagai minuman sehat susu secara luas digunakan sebagai bahan pencampur berbagai makanan baik ditujukan sebagai penambah rasa lezat dan untuk melengkapi kandungan nutrisi. Kemajuan teknologi susu dibuat mentega, susu bubuk, susu kental dan keju. Susu yang sudah kedaluarsa atau saat ini populer dengan sebutan susu afkir dapat diberikan pada hewan ternak.

Mentega

Salah satu bahan pembuatan mentega terbuat dari susu atau bagian-bagian tertentu dari susu, mentega adalah jenis lemak yang mudah dicerna secara sempurna dan sumber vitamin A dan vitamin D, terdiri dari lemak mentega 80,5%, air 13,45% garam 2%, gumpalan laktosa 1%. Daya tahan mentega ditentukan dari jumlah casein yang terdapat didalamnya dan dipengaruhi perubahan kimiawi dan perubahan bakteriologi. Jumlah kadar casein dan laktosa tergantung lama dan sistim pembersihan pada waktu pembuatannya.

Mentega mempunyai rasa dan aroma yang khas. Aroma mentega dihasilkan kinerja starter pada waktu fase pemasakan yang bernama Streptococcus cremoris, zat penyebab dari aroma mentega adalah zat diasetil yang terbentuk setelah proses terjadinya peragian oleh bakteri asam laktat. Diasetil yang berlebihan akan mengakibatkan mentega akan cepat rusak karena diasetil mampu mengoksidasikan lemak yang terdapat didalam mentega.

Proses pembuatan secara sederhana dapat dibagi menjadi 7 tingkatan.

  1. Pemisahan cream dari air susu, biasanya yang digunakan sebagai bahan hanya creamnya, namun pemakaian air susunya juga digunakan. Pemisahan dapat dilakukan secara mekanik atau dengan jalan mendiamkan air susu untuk beberapa lama hingga cream terpisah.
  2. Pasteurisasi, setelah pemisahan cream dilakukan pasteurisasi untuk menghindarkan bakteri-bakteri penyebab sumber penyakit.
  3. Pematangan cream, derajat pematangan cream tergantung dari apa yang dikehendaki dengan mengatur komposisi starter yang berfungsi sebagai pembiakan organisme.
  4. Pengadukan, menimbulkan gelembung-gelembung lemak pada cream.
  5. Pencucian dan penambahan garam,untuk menghilangkan sisa-sisa air susu.
  6. Penyelesaian (finishing)
  7. Pengemasan (packing) proses ini juga menentukan daya tahan mentega.

Keju

Banyak yang menyebut keju sebagai susu pekat, keju kaya akan lemak dan zat putih telur. Proses pembuatan keju terdiri dari beberapa fase :

  1. Pengumpulan dan penyimpanan susu. Susu yang dipersiapkan harus diseleksi dan memenuhi syarat-syarat kesehatan.
  2. Pematangan, berfungsi untuk meninggikan derajat keasaman dan pembentukan aroma dan menentukan kualitas keju. Secara alami asam laktat bersama-sama bakteri dan ragi membentuk dan menghasilkan keju dengan kualitas yang tinggi.
  3. Pengentalan, Dilakukan dengan menambahkan campuran beberapa enzim rennin, enzim rennet peptidase dan pepsin. Dalam proses ini akan dihasilkan gumpalan dan cairan yang disebut whey.
  4. Pembentukan gumpalan dan penambahan garam, setelah gumpalan terlihat pekat hingga sudah dapat dipotong-potong sebelum whey dikeluarkan dan diukur derajat keasaman karena gumpalan baru dianggap matang apabila telah mencapai derajat keasaman dan kadar air yang diinginkan, jika sudah dirasa cukup memadai, whey dipisahkan dan gumpalan diberi garam dalam jumlah tertentu. Garam akan menimbulkan rasa dan aroma sekaligus berfungsi sebagai pengawet.
  5. Pengepresan, bila dibutuhkan dilakukan pengepresan, proses pengolahan pada periode ini doiperlukan keahlian dan pengalaman. Pematangan dipengaruhi oleh faktor-faktor diantaranya keseimbangan pertumbuhan organisme dalam susu. Diperlukan perhatian kebersihan perangkat dan pekerja yang menangani dan kelembaban tertentu dalam penyimpanan.

 

Asam laktat :     Asam organik tak berwarna, terdapat dalam susu yang asam, asam laktat dibuat besar-besaran dengan jalan melakukan fermentasi glukosa. Asam laktat banyak dimanfaatkan untuk obat-obatan dan industri penyamakan kulit.

Sekilas tentang Kandungan Omega-3

Penelitian terhadap Omega-3 dan manfaatnya terhadap makhluk hidup terutama kegunaannya terhadap kebaikan bagi tubuh manusia hingga saat ini terus menerus dilakukan oleh ahli-ahli gizi dan nutrisi. pakar-pakar dari Jepang, Jerman, Amerika dan Inggris secara intens selalu melaporkan di jurnal ilmiah hasil hasil penelitiannya.

Dibawah ini kami posting beberapa hewan yang mengandung Omega-3

Kandungan Omega-3 mengandung Eicosapentaenoat (EPA) dan Dekosaheksaenoat (DHA)

EPA dan DHA berguna bagi kesehatan manusia. Keduanya merupakan asam lemak tak jenuh.

(Guna dan fungsi EPA dan DHA bagi kesehatan manusia, baca artikel dan klik ini, : GEMAR IKAN ITU HEBAT)

Berdasarkan uji laboratoriun diperoleh data kandungan EPA dan DHA (dalam takaran Mg/100gram)

Sidat                                      EPA:742                 DHA:1332

Horse Mackerel                   EPA:408                DHA:748

Mackerel                               EPA:1214               DHA:1781

Mackerel pike                       EPA:844                 DHA:1398

Ikan sebelah                        EPA:210                 DHA:202

Kembung                              EPA:403                 DHA:784

Belut                                       EPA:472                DHA:661

Salmon                                  EPA:492                DHA:820

Cakalang                               EPA:76                  DHA:310

Kakap                                     EPA:157                DHA:297

Cumi-cumi                             EPA:56                  DHA:152

Lemuru                                   EPA:1381              DHA:1138

Tuna                                       EPA:1972              DHA:2877

Ikan mas                                EPA:159                DHA:288

Ekor kuning                            EPA:898                 DHA:1784

Rainbow trout                         EPA:247                 DHA:983

Tips melakukan diet :

Sebagian  diantara kita salah kaprah dalam melakukan diet agar diperoleh bobot badan yang sehat dan berimbang. Biasanya kaum wanita melakukan diet dengan mengurangi karbohidrat dan mengganti dengan bahan lain. Ironisnya karbohidrat diasumsikan dengan nasi atau jagung dan mengkonsumsi goreng-gorengan dan biasanya dilakukan pada sore dan malam hari. Memang waktu malam hari adalah keingingan mencari cemilan menggebu-gebu dan cenderung melebihi asupan nasi. Sebaiknya yang musti diketahui adalah

1.  Konsumsi yang banyak mengandung protein bukan yang banyak mengandung lemak. protein dapat diperoleh dari telor ayam atau telor puyuh, kacangan dan ikan.

2.  Mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dalam melakukan diet ketat.

3. Diet ketat tidak dianjurkan karena sesuatu yang dipaksakan tidak baik. Kesabaran adalah kunci sukses diet.

4.  Menu ini bisa membantu anda ber-diet ria : Oatmeal, kacang-kacangan, jeruk lemon, teh hijau, buah alpukat, coklat, telur, ikan laut, jus tomat, jus timun dan buah lainnya ( ingat ! ukur kebutuhan kalori perharinya)

5. Tidak tidur hingga larut, idur yang nyenyak memulihkan tenaga anda esok harinya.

6. berfikir positif, jangan mudah marah dan olahraga yang teratur dan terstruktur membantu diet anda semakin mudah dan efektif.

Sekilas tentang Kandungan Omega-3

Untuk melengkapi bahan bacaan anda kami sarankan untuk membaca :

Gemar ikan itu hebat

Organik Untuk Kehidupan

Hormon, Asam Amino dan Tiamina

Protein, lemak, karbohidrat dan vitamin

portal Bisnis Agro

Revolusi Mental Agrobisnis

Trik Membuat Hormon Metil Testosteron

Lomba Menulis Artikel Agrobisnis

Terimakasih.

cover IB

Susu, mentega dan Keju

3 comments

  1. porn Service

    I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.|

  2. Raasch

    Hi there! This can be my own very first visit to your website! I am the group regarding volunteers in addition to starting a new effort in a community inside similar area of interest. Your site presented us all useful details to be effective with. You’ve accomplished a fantastic task!

  3. Mcnerney

    Hmm it seems like your web site had my own primary review (it was very long) so i suppose I’ll simply sum it up what exactly I needed prepared as well as state, I’m extensively making the most of your blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>