«

»

Sep 17

Tak lagi Berharap dari kebaikan Alam

Tak lagi berharap dari kebaikan alam

Oleh : Hadi Winanto

Tak lagi berharap dari kebaikan alam

Para pembenih ikan air tawar (lele, patin, gurami, sidat nila, betutu, gabus, bawal dan lain-lain) dan para pedagang dan hobiis ikan hias saat ini diseluruh Indonesia sedang galau karena makin hari cacing sutra makin sulit diperoleh.
Anomali cuaca, modernisasi dan ekspor ikan hias yang meningkat tajam dipertengahan agustus 2014 yang lalu merupakan faktor pemicu utama cacing sutra menjadi langka dan berakibat demand tinggi, harga menjadi fluktuatif dan tidak bisa stabil. Ekspor ikan hias kemancanegara membuat cacing sutra makin diburu. Pasokan sedikit, seperti Mas Busron dari Dukuh Grojogan Kecamatan Bangun Tapan Kabupaten Bantul adalah pendeder gurame yang cukup besar saat ini kelimpungan memikirkan pemasok cacing sutra menghentikan pengiriman cacing sutra karena stok kosong selama 2 minggu ini sementara ratusan ribu larva / benih-benih gurame sudah terlanjur didatangkan dari Purwokerto.

Beberapa pembenih disentra benih ikan lele Jember, ponorogo, Jombang dan Lampung frustrasi karena  tidak bisa memijahkan indukan yang sudah dipersiapkan dengan baik.

Disisi lain, fenomena ini bisa dijadikan peluang usaha yang selama ini kurang dilirik, bahkan seorang pebisnis ikan air tawar dari negara jiran Brunai Darussalam berkunjung kerumah kami meminta pasokan cacing sutra dalam jumlah cukup besar setiap bulannya. Wuih, ampun bro.

Bagaimana Teman-teman pembenih dan pebisnis ikan hias ?

Jika anda berminat terjun disektor ini sepertinya bisa disikapi dan dicoba, beberapa permintaan teman-teman yang meminta saya agar diadakan penyuluhan singkat sedang kami atur agendanya, mengingat kami sedang mengadakan re-positioning di internal kami yang ternyata memakan waktu pada akhir-akhir ini. Terimakasih.

Terimakasih

Contact : 081224217112 no sms

PP booster fish

Tak lagi berharap dari kebaikan alam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>