«

»

Oct 20

Teknologi Angkasa : Apollo XI

Teknologi Angkasa : Apollo XI

Oleh : Hadi Winarto

Apollo XI adalah sebutan nama roket ruang angkasa buatan Amerika Serikat. Yang mengagumkan ialah kisah perjalanan Apollo XI yang membawa tiga astronot : Kolonel Neil Amstrong 36 tahun, Kolonel Edwin Aldrin 39 tahun dan letkol Michael Collins 38 tahun, pada tanggal 16 Juli 1969 menuju bulan. Tanggal 21 Juli,  Amstrong dan Aldrin sebagai manusia pertama mendarat dibulan selama 1 jam 54 menit. Selama mendarat Amstrong dengan penuh hidmat merasakan bahwa disana ia melihat karya Tuhan. Ditancapkan 136 bendera negara dan tanggal 24 juli kembali kebumi.

Apollo XI terdiri dari 3 bagian pesawat.

  1. Roket saturnus V yang bertingkat tiga dengan bobot berat 3.817 ton dan panjang 110,6 m.
  2. Pesawat induk Colombia yang memiliki ruang pengendali (command module)
  3. Peawart pendarat Eagle berbentuk segitiga berat 16 ton tinggi 7 m, jarak antara kaki ke kaki 10 m. Ketiga pesawat tersebut berdiri sendiri sendiri.

 

Ketiga pesawat tersebut memiliki susunan dan perlengkapan yang rumit.

apolo

Gambaran cara kerja ketiga pesawat tersebut dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Pesawat saturnus melepaskan kedaerah operasi, pesawat kolombia yang mengawal dan mengawasi serta  menunggu pesawat Eagle selama menjalankan misinya, Eagle yang membawa para antariksawan yang diluncurkan dari Cape Kennedy Florida Amerika serikat pada hari rabu tanggal 16 juli 1969 pukul 20.32 WIB.

Lebih kurang  selama 12 menit sesudah peluncuran Apollo memasuki orbit bumi, Apollo XI selama 2,5 jam mengitari bumi.  Jarak antara bumi dengan bulan sekitar 400.000 km. Pada tengah malam tanggal 19 juli 1969 Apollo masuk ke orbit bulan, Pada hari minggu 20 juli 1969, melalui kapsul yang tersedia para astronot meninggalkan command module (ruang kendali) dan masuk kedalam pesawat pendarat Eagle, lalu Eagle memisahkan diri dari pesawat Colombia. Eagle mengitari bulan dengan kecepatan 1615 m/detik dalam orbit dengan jarak 121,3 km dan 99,3 km dari permukaan bulan. Saat mendekati bulan Eagle mendarat dipermukaan bulan dengan mengeluarkan kaki laba-labanya . Pada hari senin 21 juni 1969 Eagle mendarat dipermukaan bulan yang terkenal dengan sebutan sea of tranquility atau laut ketenangan. Berada dibulan kedua nya tidak langsung keluar namun melakukan serangkaian pemeriksaan selama 2 jam, kemudian istirahat, makan tidur selama 4 jam, barulah untuk pertama kali pintu dibuka. Neil Amstrong turun dengan tangga yang berada di kaki pesawat. Dengan demikian dia orang yang pertama kali mendarat dibulan sementra Aldrin melakukan pemotretan sekaligus sebagai laporan ke bumi baru kemudian ikut turun. Astronot astronot tersebut menggunakakan pakaian anti radiasi, virus dan parasit dan  anti partikel meteorid, anti suhu yg membahayakan dan dipunggung mereka alat pernafasan. Semua alat tersebut dirancang hanya cukup untuk empat jam operasi.  Gaya berat bulan hanya 1/6 dari gaya berat bumi maka orang merasa lebih ringan.

Membawa oleh-oleh 20 kg berupa batu bulan kedua astronot kembali ke pesawat Colombia. Saat kembali kebumi kecepatan pesawat ditingkatkan dari 5500 km/jam menjadi 8000 km/jam dan melepaskan dari gaya berat bulan  terbang pulang ke bumi.

Missi apollo XI berhasil gilang-gemilang dunia takjub.

Missi pendaratan kebulan dilanjutkan dengan :

APOLLO XII, 14 nopember 1969, Kolonel Charles Conrad. Kolonel Richard Gordon dan Kolonel Alan Bean.

APOLLO XIII, karena kerusakan misi dibatalkan

APOLLO XIV, 1 pebruari 1971, Kolonel Alan sephard, Kolonel Edgard Mitchell dan Kolonel Stuart A. Roosa

APOLLO XI, 26 Juli 1971, Kolonel David R. Scott, Kolonel James A. Mc.Divitt dan Kolonel  Russel L. Schweikart.

Misi pendaratan kebulan ini sungguh pekerjaan besar dan tidak dapat diselesaikan seringkas artikel ini.

Artikel ini, Teknologi Angkasa : Apollo XI, dibuat pada tahun 1999, referensi diperoleh dari berbagai sumber, ensiklopedi Indonesia, Jurnal ilmiah dan tulisan-tulisan diberbagai majalah.

Baca juga

Herbal Untuk Kesehatan

Humor Memancing

Subak, Irigasi Ala Bali

Arti Firasat Mimpi dan Kedutan

Modus Korupsi di Pelayanan Publik

Tolerasi Orang Minang

Indrasakti, Kesultanan Riau Lingga

Putri Fauna Putri Kerajaan Paling Sederhana

Manakala Jemari Lembut Ibu

Ingin Awet Muda Dan Sehat Tumislah Ini

Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini

Gaya Hidup Sehat Dengan Buah

Menyanyi, Obat Hati Yang Galau

Untungkah Bisnis Tanaman Hias

IQ Anak Seorang Satpam

PP booster fish

Terimakasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>