«

»

Sep 17

Ternyata Belatung Berguna

Ternyata belatung  berguna

Menjijikkan namun memiliki sejuta manfaat

Beternak Maggot atau Belatung

Oleh : Hadi Winarno

Ternyata belatung berguna … !!! Dengan kandungan protein 60% hingga 65% Belatung adalah salah satu primadona bagi peternak dan pakan ikan lele bermutu tinggi. Cara mendapatkan Belatung saat ini sangat mudah karena anda cukup datang ke peternak ayam potong. Belatung sangat banyak dan berkembang dengan baik ditempat-tempat teduh, lembab, jorok dan kotor. Kotoran ayam dalam jumlah yang banyak akan  menimbulkan problem tersendiri bagi peternak ayam potong. Hal ini terbalik bagi penggiat budidaya lele segmen pembesaran. Kandungan Lysine, methionine dan lainnya sangat baik untuk pertumbuhan ikan air tawar terutama lele. Satu kilogram  belatung setara dengan 2,5 kali lipat dari pelet atau pakan lele.

Tipikal  dari pola makan Lele  adalah binatang carnivora alias  pemakan daging.  Karakter alami  ini yang menuntut kalau pakan lele harus memiliki protein yang tinggi dan biaya produksi untuk pakan khusus lele juga menjadi tinggi. Artinya, kebutuhan utama nutrisi dari lele adalah protein yang tinggi, ini bedanya dengan ikan konsumsi lainnya. Menurut referensi asupan protein untuk lele minimal protein 31%, tak pelak pakan lele jadi mahal sementara harga ditingkat peternak cukup murah, disinyalir. Kegagalan utama budidaya lele 70% disektor biaya pakan. Berbagai teori dan praktek, inovasi, berbacam priranti pendukung diciptakan.

Bagaimana kalau kalau didaerah anda tidak ada kandang ayam ?

Haruskah kita beternak maggot atau belatung ?

Bagaimana caranya ?

Filosofi pembiakan Belatung cukup sederhana. Habibat Maggot akan tumbuh sempurna :

  1. Suhu udara sejuk (22’C s/d 26’C)
  2. Media/Tempat tidak terkena sinar matahari langsung dan terkena air hujan langsung.
  3. Belatung akan hidup pada benda/bahan limbah yang mudah busuk seperti :

Nangka, nasi, sayur-sayuran, ampas tahu, bangkai hewan dan lain-lain

Peternak Lele di Blitar mengabarkan atas tambahan Belatung  yang dibubidayakan dalam drum bekas mampu menghemat pakan 25% hingga 40% setiap periode panen.  Selain sebagai penghemat pakan, Lele menjadi kuat, sehat dan agresif karena gizi yang terkandung pada belatung lebih lengkap  dibanding pakan alternatif lainnya. Ini sungguh hebat.

Seorang pembudidaya lele yang sudah malang meling didunia lele mengatakan,

Sukses lele : dibutuhkan ketekunan, kreatifitas, kesabaran, gemar bertanya, gemar membaca dan fighting spirit dan tidak mengenal menyerah. Nah !

Ini gunanya Belatung :

  1. Hemat pakan 10% hingga 30%.
  2. Meminimalisir kanibalisme .
  3. Belatung sebagai antibotik, probiotik dan suplemen alami yang murah meriah.
  4. Kualitas air tetap terjaga.

Saran-saran

Panen akan lebih cepat dan biaya makin bisa ditekan jika kolam menggunakan :

  1. Aerator, cukup gunakan pada malam hari untuk meningkatkan kadar DO air
  2. Heater, untuk daerah yang memiliki disparitas suhu yang ekstrim penggunaan heater sangat membantu secara signifikan karena suhu siang dan malam bisa diatur sama atau tidak jauh berbeda
  3. Media penyiponan atau kolam central drain. Pendapat beberapa peternak segmen pembesaran mengatakan : Penyiponan pada budidaya segmen pembesaran wajib hukumnya.

Foto beternak belatung diatas kolam.

sssssssss

Gambar diatas adalah contoh beternak belatung diatas kolam, rongga ban bekas diberi kulit nangka dan kulit nenas 80%, ampas tahu 10%, bekatul 10%, semprotkan dengan enzim sebanyak 0,25-0,5% seminggu 2x, usahakan adonan media belatung tadi dalam keadaan lembab, lakukan penyemprotan agar tetap lembab.

Budidaya ikan dengan cara ini memiliki multi fungsi yaitu :
+++ Hemat pakan ikan 10% hingga 30%.
+++ Meminimalisir kanibalisme karena usus ikan selalu dalam keadaan terisi (tidak lapar) karena dapat asupan pakan belatung selama 24 jam.
+++ Bisa dilakukan tebar padat karena lele menebar rata dibawah kolam atau tidak terkonsentrasi disatu sudut saja.
+++ Cuaca panas yang ekstrim siang hari bisi diminimalisir dengan ban bekas diatasnya.
+++ Kualitas air kolam menjadi terjadi dengan pakan tambahan belatung.
+++ Belatung sebagai antibotik, probiotik dan suplemen alami yang murah meriah.

 

Info dan share : kontak langsung 081224217112 no sms.

PP booster fish

HOT NEWS

Kami tak menduga, dari 200 Artikel yang kami rilis, ada sebuah naskah yang terbaik dan dianggap paling memberikan pencerahan oleh peternak di seluruh Indonesia bahkan diapresiasi oleh para pengunjung dari Amerika, Australia, negara-negara Asia dan benua Eropa. Jika para pembaca belum membacanya silahkan klik judul ini TRIK MENINGKATKAN KWALITAS NUTRISI PAKAN

Ternyata belatung berguna

Bacaan lain

Kascing  pupuk terbaik didunia

Jamur Tiram Raksasa Berkat Hormon

Fermentor pakan ternak tercepat

 

Jual tepung jagung protein 18-19% harga Rp.3200.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>