«

»

Oct 24

Trik Membuat Hormon Metil Testosteron

Trik Membuat Hormon Metil Testosteron

To the point, langsung dan tidak bertele-tele

Oleh Hadi Winarto

Direlease di Bondowoso, tanggal 24 Oktober 2015, Trik Membuat Hormon Metil Testosteron.

Mulai sekarang jangan bingung mencari hormon Metil Testosteron (MT).  MT dikenal luas berguna untuk menjadikan benih-benih ikan nila betina menjadi jantan (sex revelsal).  Ikan nila jantan dikenal daya tumbuhnya lebih cepat dibandingkan benih nila betina. Ikan jantan selain ikan nila juga tumbuhnya lebih cepat dibanding si-betina namun ikan nila selisih pertumbuhan jantannya lebih signifikan antara 30% sd 50%. Maka upaya jantanisasi pada nila menjadi kewajiban. Monosex pada ikan nila akan menghemat pakan ikan nila hingga 50%

Selama ini untuk memperoleh hormon MT dengan jalan membeli ditoko perikanan namun disebabkan harga yang mahal dan langka menyulitkan peternak ikan nila untuk mendapatkan hormon metil testosteron itu.

Begini cara mudah membuat hormon MT.

Bahan

1.   Testis sapi  1 buah

2.   Alkohol kadar 70%  25ml

3.   Mikroba 1300 strain 25ml

Ambil bagian dalam testis sapi (warna kuning) lalu direbus selama 5 menit dihitung setelah air mendidih.

Blender (hancurkan) testis sapi tersebut. Lalu tumbukan testis sapi tersebut dioven pada suhu 60-65C.

Setelah dioven berikan larutan alkohol kadar 70% sebanyak 50% dari bobot testis dan aduk dengan mikroba strain 1300.

Campuran testis sapi dengan alkohol inilah yang disebut hormon metil testosteron.

Cara aplikasinya

Pemberian dengan cara oral.

Campurkan hormon MT dengan tepung ikan kualitas terbaik, aduk dan bibis bersama probiotik, adonan biarkan selama 5-10 menit agar homogen dan sesudah itu berikan kepada larva atau benih ikan nila sejak usia 0 hingga 20 hari.

Ada beberapa aplikasi yang digunakan peternak namun cara diatas adalah yang paling simpel dan mudah.

Dosis

Dosis penggunaan hormon MT adalah 1 buah testis sapi bisa digunakan terhadap benih ikan nila antara 40.000-50.000 ekor.

Waktu pemberian hormon.

Maskulinisasi atau jantanisasi dilakukan pada saat larva, disaat itulah hormon androgen bisa menjalankan fungsinya sebagai hormon yang mengubah betina menjadi jantan, pada larva usia 0 hari adalah potensi perubahan atau yang disebut fase diferensiasi kelamin

Menghitung biaya pembuatan hormon MT dengan testis sapi.

Jika harga testis sapi antara 25.000-30.000 dan total biaya pembuatannya Rp.40.000, maka biaya proses jantanisasi atau monosex pada ikan nila sangat murah sekali sekitar Rp.1-2 saja.

Bandingkan jika anda membeli hormon MT eksport harganya sekitar Rp.13.000.000 perkg.

Tentang testis sapi

Memperoleh testis sapi tidak sulit, anda bisa memesan kepada tukang potong hewan sapi di Rph (rumah pemotongan hewan) atau testis sapi ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Testis sapi mengandung kadar testosteron dan hormon androgen penghasil sel jantan. Kandungan hormon androgen pada sapi lebih tinggi dibandingkan kuda, kambing, lembu dan kelinci.

Hasil

Berdasarkan pengalaman penulis kegiatan menciptakan jantan pada benih nila ini hasilnya cukup bagus berkisar antara 80% sd 95% keberhasilannya.
Jika pembaca ingin mengaplikasikan pada ikan selain nila penulis juga menyarakan karena pemberian hormon MT benih ikan tidak saja diubah menjadi jantan namun ikan yang diberi hormon MT akan terlihat lebih sehat dan kuat.

Nah, setelah mebaca naskah ini, sebaiknya anda berusaha untuk membuat hormon MT sendiri. Ternyata caranya sangat mudah, berbiaya jauh lebih murah dibanding MT buatan pabrik dan silahkan melakukan sex revelsal kepada ikan cupang, lele, gurami, bawal, koi dan lain-lain.

Setelah anda berhasil melakukan maskulinisasi pada ikan-ikan kesayangan anda  sebaiknya ilmu yang sudah anda buktikan dishare kepada sesama peternak di Indonesia. Agar kita semua tidak tergantung dengan produk luar melulu.  Semoga para penggiat agrobisnis menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri.

Terimakasih anda telah berkunjung di Trik Membuat Hormon Metil Testosteron, semoga berguna

Share and info silahkan hubungi kami, di jam kerja 08.00-16.00 WIB, No SMS, 081224217112

Sukses Selalu

Other Links

Asam Atau Acid Dan Seluk-beluknya

Ayam Organik Standard Dan Syaratnya

Revolusi Mental Agrobisnis

Keajaiban Singkong Penggempur Kanker

Hormon, Asam Amino Dan Tiamina

Fermentor pakan ternak tercepat

tumpukan buku

Link

Enzim dan ozonizer

pakan organik

pakan ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>