«

»

Sep 16

Untungkah Bisnis Tanaman Hias?

Untungkah Bisnis Tanaman Hias?

Oleh Happyati, Banyuwangi 17 September 2015
Bacaan khusus kaum wanita Untungkah Bisnis Tanaman Hias?
Biasanya berawal dari iseng-iseng memanfaatkan lahan pekarangan rumah agar halaman menjadi asri dan indah. Lama-lama berbilang waktu semakin beragamnya tanaman hias yang dimiliki oleh ibu-ibu dijadikan ladang bisnis yang lumayan bisa menutupi biaya dapur. Sekarang ini jumlah jenis tanaman hias sudah mencapai ribuan sebut saja anggrek, adenium, lidah mertua, mawar, melati, sakura, bunga tulip, raflesia, bambu air, bambu rezeki, anturium, geranium, bougenville, cabe hias, rumput jepang, tomat hias, terong hias, aglomena, media tanam yang digunakan juga semakin variatif seperti ditanam dalam pot, polybag, hidroponik, aeroponik, didalam kolam bersama ikan hias dan ditanam dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor)
Tanaman hias bersama ikan hias, memang memikat banyak orang untuk terjun diceruk ini, tak urung geliat ekonomi pun terjadi dan beberapa varietas andalan Indonesia banyak digandrungi oleh pasar luar-negeri. Bertumbuhlah komunitas komunitas dimana-mana seperti komunitas bonsai, komunitas anggrek, komunitas cabe hias dan lain-lain.
Keuntungan-keuntungan dari bisnis tanaman hias adalah
1. Modal relatif kecil, seperti lazimnya usaha pertanian, modal utama yang dibutuhkan adalah ketelatenan dan kesabaran.
2. Tidak dibutuhkan lahan yang luas, jika usaha sudah besar lahan bisa disewa, biasanya lahan kosong (tanpa bangunan) biaya sewa relatif tidak besar.
3. Tidak mengenal kedaluarsa, jika bisnis makanan ketahanannya berbatas waktu pada tanaman justru semakin lama semakin mahal.
4. Bisa dikerjakan sendiri tanpa harus merekrut karyawan (SDM)
5. Bisa disambi sambil mengerjakan pekerjaan
6. Tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam bagaimana teknik menanam, memelihara dan memperbanyak tanaman. Ditambah lagi informasi melalui akses internet memudahkan kita mencari ilmu pengetahua.
7. Harga jual bisa berlipat hingga 100-500%.
8. Dikasus-kasus tertentu bisnis ini bisa membuat seseorang kaya mendadak, ingatkah anda manakala booming tanaman anturium meledak sehingga banyak yang diuntungkan dengan anturium ini. Kisah orang-orang kaya raya karena ikan louhan, ayam serama, ayam ketawa dan lain-lainnya.
Untuk memulai usaha tanaman hias, maka ada beberapa tahapan yang harus Anda persiapkan
1. Memilih lokasi yang strategis. Pilih lokasi usaha yang strategis. Namun, jika modal cekak Anda bisa menggunakan halam rumah atau dengan cara menyewa lahan di pinggir jalan yang besar dan ramai.

2. Tentukan dengan cermat matang tanaman hias yang hendak anda budidayakan (kultur), pada tahap awal anda harus fokus (segmented) dengan memilih maksimal 3 jenis saja terlebih dahulu.

3. Perhitungkan secara cermat modal awal dan biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya pembelian bibit, pupuk, paranet, polybag, instalasi listrik, instalasi, sumber air, obat-obatan, media tanam, sewa tempat dan lain sebagainya. (untuk keamanan dan kesehatan kesehatan pemilik nursery disarankan menggunakan pupuk organik) pupuk organik dapat dibuat sendiri.

4. Poin yang tidak kalah penting adalah cinta. Pekerjaan yang dilakukan atas dasar hobby membuat usaha akan lebih mudah mengelolanya dan berpotensi menjadi langgeng. Kesuksesan sebuah usaha yang dilakukan seorang hobiis tanaman hias biasanya akan cepat memperoleh keberhasilan. Antara cinta, semangat dan sabar adalah kombinasi yang ideal dalam berbisnis tanaman hias.

5. Membentuk komunitas antara pecinta tanaman hias dengan tujuan memudahkan pemasaran. Saat ini dengan adanya media sosial diinternet biaya marketing menjadi lebih murah. Iklan-iklan gratis dan iklan massal menghiasi dunia virtual atau dunia maya.

Okey guys… !!!, pertimbangkan kembali ketika hendak mencoba keberuntungan dan semoga kaidah dan hakekat dari artikel Untungkah Bisnis Tanaman Hias? sedikit membuka cakrawala wawasan anda.

Kami referensikan juga kepada anda judul-judul yang layak baca di link ini.

15 Bisnis Agrobisnis Dari Halaman Rumah.

Gaya Hidup Sehat Dengan Buah
Ingin awet muda dan sehat tumislah ini.
Kaum Wanita Sebaiknya Mengetahui Ini.

Terima kasih

Salam Agrobisnis

red trinidad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>